ADHA, AUGIE ICHSAN AL (2017) INTERPRETASI KHALAYAK PADA TVC GARUDA INDONESIA (Analisis Resepsi Pada Isi Tayangan TVC Garuda Indonesia Versi Hands Durasi 60 Detik). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
COVER.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (59kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (840kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (583kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (658kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
Daftar Pustaka & Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (747kB) |
Abstract
Garuda Indonesia memiliki konsep keramah-tamahan budaya Indonesia dalam setiap kegiatan promosi yang dilakukkannya. Salah satu tayangan iklan yang baru-baru ini ditayangkan pada periode agustus 2016 yaitu iklan Garuda Indonesia versi “Hands”. Iklan tersebut sangat unik karena hanya ada alunan musik senandung dan gerak tarian pada tayangan tersebut. Dari tayangan tersebut tentunya khalayak/audiens memiliki interpretasi yang beragam dalam memaknai sebuah tayangan iklan sehingga menarik untuk diteliti. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui interpretasi khalayak khususnya para pengguna maskapai penerbangan terhadap tayangan iklan Garuda Indonesia versi Hands dengan menggunakan pendekatan landasan teori analisis resepsi yang dikemukakan oleh Stuart Hall. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualititatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan data primer yaitu melakukan wawancara secara mendalam kepada para informan/narasumber kemudian didukung dengan data sekunder berupa video iklan yang akan diteliti. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa hanya terdapat satu kategori posisi pemaknaan informan terhadap iklan Garuda Indonesia yakni Dominant Hegemony. Semua informan tertarik menggunakan maskapai Garuda, selain itu unsur kebudayaan dan ramah tamah yang mereka tampilkan dalam pesan membuat informan merasa akan dilayani dengan baik melihat dari pesan yang disampaikan dalam iklan Garuda Indonesia versi Hands.
Actions (login required)
View Item |