Refleksi Local Genius Dalam Iklan Cetak Djarum Super Soccer Series Versi Piala Dunia 2010

Delia, Della (2010) Refleksi Local Genius Dalam Iklan Cetak Djarum Super Soccer Series Versi Piala Dunia 2010. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)

Abstract

Periklanan (advertising) merupakan semua bentuk penyajian dan promosi nonpersonal atas ide, barang atau jasa yang dilakukan oleh perusahaan melalui berbagai media. Bersamaan event olahraga dunia yaitu World Cup (Piala Dunia) 2010 di Afrika Selatan. Demam Piala dunia 2010 menjangkiti para penggila bola diseluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia. Djarum Super kembali mengeluarkan series iklan baru untuk produknya yaitu Djarum Super Soccer Series versi Piala Dunia 2010. Desain iklannya menggunakan satwa liar khas Afrika yang terdapat pada ilustrasi desain iklannya. Binatang ini dikenal dengan sebutan the big five. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah analisis semiotika iklan Cetak Djarum Super Soccer Series versi Piala Dunia 2010 yang direfleksikan dalam Local Genius dengan pisau bedah semiotika. Dan sebagai tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui tanda dan makna pada Iklan Cetak Djarum Super Soccer Series versi Piala Dunia 2010 yang direfleksikan dalam local genius dan menganalisa makna dan tanda pada iklan dalam ranah semiotika. Tipe penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis semiotika guna mengupas karya desain komunikasi visual yang layak diterapkan dan disikapi secara proaktif sesuai dengan konteksnya.. Dimana masalah penelitian ini berupa iklan cetak Djarum Super Soccer Series versi Piala Dunia 2010 yang terdapat pada neonbox, billboard dan media surat kabar. Hasil penelitian menunjukan bahwa tanda dan lambang iklan cetak Djarum Super Soccer Series versi Piala Dunia 2010 dianalisis kedalam segitiga makna peirce yaitu pertama hubungan penalaran dengan jenis petandanya (Qualisigns, Sinsigns, Legisign), kedua hubungan kenyataan dengan jenis dasarnya (Icon, Index, Symbol), dan ketiga hubungan pikiran dengan jenis petandanya (Rheme, Decisign, Argument). Kemudian peneliti menafsirkan gambar atau ilustrasi binatang serta bola sepak didalam iklan cetak Djarum Super Soccer Series versi piala dunia 2010 sebagai sebuah metafora bagi suatu pertandingan sepak bola, serta adanya local genius pada desain iklan tersebut. Iklan yang memiliki tingkat keberhasilan tinggi dalam menjual produk memiliki pendekatan eksekusi yang berbeda-beda dan tidak harus terpaku kepada teori komposisi penggunaan elemenelemen iklan yang baku.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/VC. 10 001
Call Number: SK/44/10/013
NIM/NIDN Creators: 44406010025
Uncontrolled Keywords: Iklan Cetak
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.17 Print Media/Media Cetak
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Visual
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 27 Dec 2010 10:25
Last Modified: 15 Jan 2025 02:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/23861

Actions (login required)

View Item View Item