Delia, Della (2010) Refleksi Local Genius Dalam Iklan Cetak Djarum Super Soccer Series Versi Piala Dunia 2010. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (HAL COVER)
COVER.pdf Download (210kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (35kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (560kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (24kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) |
Abstract
Periklanan (advertising) merupakan semua bentuk penyajian dan promosi nonpersonal atas ide, barang atau jasa yang dilakukan oleh perusahaan melalui berbagai media. Bersamaan event olahraga dunia yaitu World Cup (Piala Dunia) 2010 di Afrika Selatan. Demam Piala dunia 2010 menjangkiti para penggila bola diseluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia. Djarum Super kembali mengeluarkan series iklan baru untuk produknya yaitu Djarum Super Soccer Series versi Piala Dunia 2010. Desain iklannya menggunakan satwa liar khas Afrika yang terdapat pada ilustrasi desain iklannya. Binatang ini dikenal dengan sebutan the big five. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah analisis semiotika iklan Cetak Djarum Super Soccer Series versi Piala Dunia 2010 yang direfleksikan dalam Local Genius dengan pisau bedah semiotika. Dan sebagai tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui tanda dan makna pada Iklan Cetak Djarum Super Soccer Series versi Piala Dunia 2010 yang direfleksikan dalam local genius dan menganalisa makna dan tanda pada iklan dalam ranah semiotika. Tipe penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis semiotika guna mengupas karya desain komunikasi visual yang layak diterapkan dan disikapi secara proaktif sesuai dengan konteksnya.. Dimana masalah penelitian ini berupa iklan cetak Djarum Super Soccer Series versi Piala Dunia 2010 yang terdapat pada neonbox, billboard dan media surat kabar. Hasil penelitian menunjukan bahwa tanda dan lambang iklan cetak Djarum Super Soccer Series versi Piala Dunia 2010 dianalisis kedalam segitiga makna peirce yaitu pertama hubungan penalaran dengan jenis petandanya (Qualisigns, Sinsigns, Legisign), kedua hubungan kenyataan dengan jenis dasarnya (Icon, Index, Symbol), dan ketiga hubungan pikiran dengan jenis petandanya (Rheme, Decisign, Argument). Kemudian peneliti menafsirkan gambar atau ilustrasi binatang serta bola sepak didalam iklan cetak Djarum Super Soccer Series versi piala dunia 2010 sebagai sebuah metafora bagi suatu pertandingan sepak bola, serta adanya local genius pada desain iklan tersebut. Iklan yang memiliki tingkat keberhasilan tinggi dalam menjual produk memiliki pendekatan eksekusi yang berbeda-beda dan tidak harus terpaku kepada teori komposisi penggunaan elemenelemen iklan yang baku.
Actions (login required)
View Item |