FENOMENA MIMETISME PADA PROGRAM-PROGRAM DI STASIUN TELEVISI SWASTA (Studi Kasus Pada Program Hot Spot "GLOBAL TV" dan Program Suka-Suka "KOMPAS TV" )

PUTRA, FACHRI MUCHRIDHO (2013) FENOMENA MIMETISME PADA PROGRAM-PROGRAM DI STASIUN TELEVISI SWASTA (Studi Kasus Pada Program Hot Spot "GLOBAL TV" dan Program Suka-Suka "KOMPAS TV" ). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Isi_cover_632585512703.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Isi_abstract_299022793898.pdf

Download (38kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
Isi1857916579128.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (BAB II)
Isi2275589904641.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[img] Text (BAB III)
Isi3902124269062.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text (BAB IV)
Isi4746443785136.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
Isi5489199463969.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Isi_pustaka993395417494.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)

Abstract

Mimetisme adalah Gairah yang tiba-tiba menghinggapi media dan mendorongnya seperti sangat urgen, bergegas untuk meliput kejadian, karena media lain menganggapnya penting. Televisi adalah contoh dramatik meme yang menjajah pikiran dan bereproduksi di sana tanpa peduli dengan kesejahteraan tempat ia hidup. Hasilnya ialah apa yang dilakukan oleh semua televisi sama saja, yaitu memreproduksi dirinya sendiri (self-replication) talkshow melahirkan talkshow lain, iklan melahirkan iklan lain, bintang melahirkan bintang lain. Penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui fenomena mimetisme pada program-program televisi di stasiun televisi swasta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan melakukan wawancara mendalam kepada narasumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program Hot Spot Global TV dan Suka-Suka Kompas TV, merupakan program yang memiliki indentik kemiripan dalam Menceritakan hal unik dari belahan dunia dan nasional, Informasi yang disampaikan bersifat soft news, Menceritakan mengenai human interest, komunitas, kejadian alam, Setiap segmen materi video tidak harus menceritakan 7 keunikan, dan Memiliki host. Sehingga keinginan memiliki program dilayar kaca televisi yang beragam sudah tidak mungkin akan terlihat, karena media televisi menginginkan programnya tetap teratas dalam rating dan share tidak memperdulikan keseragaman yang akan terjadi di pertelevisian Indonesia. Penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi mimetisme dalam setiap stasiun televisi swasta yaitu adanya persaingan industri media televisi semakin ketat, mengikuti selera pasar yang semakin meningkat, adanya nilai pasar yang ditawarkan dalam membuat program tersebut. Oleh sebab itulah keseragaman program di media televisi akan terus semakin merambah.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 13 245
Call Number: SK/41/13/151
NIM/NIDN Creators: 44109010056
Uncontrolled Keywords: FENOMENA MIMETISME PADA PROGRAM-PROGRAM DI STASIUN TELEVISI SWASTA (Studi Kasus Pada Program Hot Spot "GLOBAL TV" dan Program Suka-Suka "KOMPAS TV" )
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 30 Jul 2013 16:08
Last Modified: 05 Jan 2023 07:01
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/16341

Actions (login required)

View Item View Item