KONSTRUKSI REALITAS PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN OLEH PERUSAHAAN EKSTRAKTIF : ANALISIS LINGUISTIK DAN PERSUASI FILLER SEKOLAH SOBAT BUMI (SSB) YAYASAN PERTAMINA

SUPRIYANTO, AHMADI (2014) KONSTRUKSI REALITAS PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN OLEH PERUSAHAAN EKSTRAKTIF : ANALISIS LINGUISTIK DAN PERSUASI FILLER SEKOLAH SOBAT BUMI (SSB) YAYASAN PERTAMINA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)

Abstract

Penelitian ini meninjau berbagai aspek komunikasi lingkungan dalam filler Sekolah Sobat Bumi (SSB) yang dikeluarkan oleh Yayasan Pertamina. Penelitian ini bertopang pada paradigm konstruktivisme dengan pendekatan fenomenologi dan alat analisis berupa analisis linguistik dan persuasi. Analisis dilakukan pada teks filler SSB yang telah ditranskrip. Penelitian berhasil menggambarkan perilaku ramah lingkungan yang diinginkan oleh Yayasan Pertamina, ideologi yang berada dibalik wacana SSB tersebut, dan penilaian atas efektivitas persuasi yang dilancarkanYayasan lewat filler SSB. Ditemukan bahwa Yayasan Pertamina memiliki ideologi ekologi politik konservasionisme yang menghasilkan perilaku seperti (1) Perilaku yang bertujuan memelihara anugerah Tuhan sekaligus menjaga peradaban dan keberlangsungan kehidupan umat manusia yang melimpah di Indonesia, (2) Perilaku yang tidak merusak hutan, (3) Berangkat dari kurikulum yang dipandu oleh master trainer pemegang sertifikat ESD internasional, (4) Menggunakan energi terbarukan, (5) Melakukan penghematan bahan bakar fosil, (6) Membangun dan memelihara kebun raya mini, (7) Membangun dan memelihara kantin sehat, (8) Mengelola sampah secara terpadu, (9) Menggunakan transportasi ramah lingkungan, (10) Menyadari nilai ekonomi tanaman, dan (11) Menyadari manfaat pengelolaan sampah. Dari segi praktis, analisis menemukan kalau filler SSB masih kurang dari segi persuasi. Sebagai hasil dari penelitian ini, disarankan kalau kampanye lingkungan dalam bentuk video harus menganut prinsip-prinsip antara lain pembentukan metafor yang konsisten, penyajian data numerik yang bersifat relatif dan dibulatkan, memberikan gambaran komprehensif tentang kondisi alam Indonesia, membangun hubungan kausalitas yang jelas dalam wacana, menyertakan testimonial dari pihak lain selain narator, membangun narasi secara horizontal, memberikan visualisasi pendukung, memperhatikan tanda baca, dan menutup paparan dengan persuasi yang menuntut konfirmasi dari khalayak. Kata kunci: komunikasi lingkungan, ekologi politik, analisis wacana kritis, sekolah sobat bumi, komunikasi persuasif

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-14-003
Call Number: TK/52/14/165
NIM/NIDN Creators: 55210120030
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Lingkungan, Ekologi Politik, Analisis Wacana kritis, Sekolah Sobat Bumi, Komunikasi Persu, CORCOM, korporate komunikasi dan komunikasi pemasaran
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 03 Feb 2015 14:00
Last Modified: 27 Jun 2022 06:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/13736

Actions (login required)

View Item View Item