APRILIA, ROSY ULFIANA (2025) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @WOWKDRAMA.ID SEBAGAI MEDIA INFORMASI BAGI PENGGEMAR DRAMA KOREA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
||
|
Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
||
|
Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) |
||
|
Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (983kB) |
||
|
Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
Abstract
The growing interest of Indonesian in the Korean Wave, particularly Korean dramas, has encouraged the emergence of various digital information platforms. One of them is the Instagram account @wowkdrama.id, which utilizes social media to provide diverse information about Korean dramas through its content. This research aims to identify how @wowkdrama.id is used as an information paltform for Korean drama fans and to explore audience responses toward its content. Previous research used as references indicate that Instagram is one of the most effective platforms for disseminating digital information due to its features that support engaging and interactive visual content. The theoretical framework of this research is the Uses and Gratifications theory by Blumler and Katz, which views audiences as active participants in choosing media to fulfill their information needs. This research used descriptive qualitative method with a constructivist paradigm. Data were collected through in-depth interviews with followers of @wowkdrama.id and observations of the uploaded content as units of analysis. The data were analyzed through data reduction, data display, and conclusion drawing, while data validity was ensured through source triangulation. The results stated that @wowkdrama.id is considered effective as an information medium for Korean dramas due to its consistent updates and clear, easily understandable delivery style. The audience perceived that the content successfully finds their informational needs related to Korean dramas. Keywords: Social Media, Instagram, Information Media, Korean Dramas, Uses and Gratifications Fenomena meningkatnya minat masyarakat di Indonesia terhadap gelombang Korea, khususnya drama Korea mendorong munculnya berbagai platform informasi digital. Salah satunya adalah akun @wowkdrama.id, yang memanfaatkan media sosial untuk menyajikan berbagai informasi seputar drama Korea melalui konten-konten yang disajikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan akun Instagram @wowkdrama.id sebagai media informasi bagi penggemar drama Korea serta tanggapan audiens terhadap konten yang disajikan. Penelitian terdahulu yang dijadikan sebagai referensi menunjukkan bahwa Instagram menjadi salah satu platform yang paling efektif dalam menyebarkan informasi secara digital. Hal ini dikarenakan fitur yang disediakan dengan menyajikan konten visual yang menarik dan interaktif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Uses and Gratifications oleh Blumler dan Katz yang memandang bahwa audiens berperan aktif dalam memilih media yang digunakannya dalam memenuhi kebutuhan informasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan paradigma konstruktivisme. Data yang diperoleh didapatkan melalui wawancara mendalam terhadap pengikut akun @wowkdrama.id dan observasi terhadap unggahan konten yang disajikan sebagai unit analisis. Data yang diperoleh dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan data serta untuk menguji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menyatakan bahwa akun @wowkdrama.id dinilai efektif sebagai media informasi seputar drama Korea atas konsistensi unggahan dan gaya penyampaian yang mudah dipahami oleh audiens. Audiens merasa konten yang disajikan dapat memenuhi kebutuhan informasi seputar drama Korea. Kata kunci: Media Sosial, Instagram, Media Informasi, Drama Korea, Uses and Gratifications
Actions (login required)
![]() |
View Item |
