STRATEGI DIGITAL MARKETING PADA FENOMENA CAFE BERTEMA OLAHRAGA DAN MUSIK DALAM MENDUKUNG KREATIVITAS LOKAL

G, KOMANG YOVANSCA PIERLITA S.P.W. (2025) STRATEGI DIGITAL MARKETING PADA FENOMENA CAFE BERTEMA OLAHRAGA DAN MUSIK DALAM MENDUKUNG KREATIVITAS LOKAL. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)

Abstract

Digital Marketing through content is an effort to use digital technology to attract customer attention. The role of digital marketing is becoming increasingly important along with technological developments and aims to combine electronic and conventional communications. Cafe Phenomenon carries out digital marketing with social media marketing as the main channel and chooses Instagram and TikTok social media as the main platforms. The aim of this research is to analyze the digital marketing carried out by the Sports and Music-themed Café Phenomenon in supporting local creativity on social media, especially TikTok and Instagram. This research uses the RACE model by Dave Chaffey, then uses the Constructivism Paradigm with a qualitative approach and the method used is Descriptive Analysis. The research subjects were 3 (three) key informants in the position of Owner & Social Media Officer of Fenomena Cafe and 3 (three) informants who were active followers and members of the Fenomena Café community. The results of the study show that Fenomena Cafe has successfully utilized social media platforms to increase brand awareness, boost audience engagement, and turn followers into loyal customers through creative content that aligns with their audience's characteristics. This study also provides an overview of the effectiveness of Fenomena Cafe's digital marketing strategy in growing their online business. Interview results indicate that Fenomena Cafe has succeeded in increasing audience awareness (Reach), engaging audiences (Act), and maintaining loyalty (Engage). However, Fenomena Cafe has not fully optimized the Act and Convert stages. Although they have used attractive promotions and events to encourage visitors to come to the cafe and facilitated ordering through digital platforms, more personal interaction at the Act stage and more aggressive strategies at the Convert stage need to be enhanced. Fenomena Cafe needs to strengthen the customer experience through story-based content or more attractive loyalty programs, as well as leverage technologies like chatbots or personalized discounts to increase conversion of audiences into loyal customers. Keywords: Digital Marketing, Content, Fenomena Cafe, Social Media Digital Marketing melalui konten merupakan upaya pemanfaatan teknologi digital untuk menarik perhatian pelanggan. Peran digital marketing menjadi semakin penting seiring dengan perkembangan teknologi dan bertujuan untuk menggabungkan komunikasi elektronik dengan konvensional. Fenomena Cafe melakukan digital marketing dengan social media marketing sebagai saluran utama dan memilih media sosial Instagram dan TikTok sebagai platform utama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis digital marketing yang dilakukan oleh Fenomena Café bertema olahraga dan musik dalam mendukung kreativitas lokal pada media sosial, terutama TikTok dan Instagram. Penelitian ini menggunakan landasan model RACE oleh Dave Chaffey, lalu menggunakan Paradigma Konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan ialah Analisis Deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 3 (tiga) key informan posisi Owner & Social Media Officer Fenomena Cafe dan 3 (tiga) informan yang merupakan pengikut aktif dan salah satu komunitas Fenomena Café. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fenomena Cafe telah berhasil menggunakan platform media sosial untuk meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan interaksi dengan audiens, dan mengubah pengikut menjadi pelanggan setia melalui konten kreatif yang sesuai dengan karakter audiens mereka. Penelitian ini juga memberikan gambaran tentang seberapa efektif strategi digital marketing yang digunakan Fenomena Cafe untuk mengembangkan bisnis online mereka. Hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa Fenomena Cafe berhasil meningkatkan kesadaran audiens (Reach), meningkatkan interaksi audiens (Act), dan menjaga loyalitas (Engage), namun Fenomena Cafe masih belum sepenuhnya berhasil mengoptimalkan tahap Act dan Convert. Meskipun sudah menggunakan promosi menarik dan event untuk mendorong pengunjung datang ke cafe serta memudahkan pemesanan melalui platform digital, tahap Act yang lebih personal dan tahap Convert yang lebih agresif masih perlu ditingkatkan. Fenomena Cafe perlu memperkuat pengalaman pelanggan melalui konten berbasis cerita atau program loyalitas yang lebih menarik serta memanfaatkan teknologi seperti chatbot atau diskon yang dipersonalisasi untuk meningkatkan konversi audiens menjadi pelanggan yang setia. Kata Kunci: Digital Marketing, Konten, Fenomena Cafe, Media Sosial

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/KD. 25 037
NIM/NIDN Creators: 44521010014
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing, Konten, Fenomena Cafe, Media Sosial
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
600 Technology/Teknologi > 640 Home Economic and Family Living Management/Kesejahteraan Rumah Tangga dan Manajemen Kehidupan Keluarga > 641 Food and Drink/Makanan dan Minuman
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Digital
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 06 Oct 2025 04:00
Last Modified: 06 Oct 2025 04:00
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/98809

Actions (login required)

View Item View Item