STRATEGI KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DIGITAL UNTUK PROMOSI PRODUK (ROTIO) TAHUN 2024 - 2025

MAHARANI, INDRI (2025) STRATEGI KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DIGITAL UNTUK PROMOSI PRODUK (ROTIO) TAHUN 2024 - 2025. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)

Abstract

In today's digital age, social media has evolved into one of the most widely used marketing tools by companies to introduce products to consumers. Instagram, as a visual-based platform, offers brands the opportunity to build creative and engaging communication. Roti'O leverages this platform to introduce its new Special Ramadhan edition products for the 2024–2025 period. This study aims to investigate Instagram Social Media Content Strategy as a Digital Medium for Promoting Roti’O Products from 2024 to 2025. The AISAS theory (Attention, Interest, Search, Action, and Share) is used to analyze the stages of consumer behavior in the digital era, from noticing content, showing interest, seeking information, taking action, to sharing it. The research approach used is qualitative, with data collection techniques through interviews with key informants and several informants relevant to the research topic. Interviews were conducted with the Marketing Communication Manager, Content Creator, Social Media Specialist, and Customers of Roti’O Indonesia as research sources. Based on the results of the study, Roti'O implemented a planned Instagram content strategy through the use of attractive visuals, emotional storytelling, collaborations with influencers, and the use of interactive features such as Reels and giveaways. This strategy was used to increase audience attention and engagement and encourage consumer interaction during Ramadan as a strategic promotional period. Keywords: Content Strategy, Social Media, Instagram, Product Promotion, Roti'O Indonesia Di era digital saat ini, media sosial telah berkembang menjadi salah satu alat pemasaran yang banyak dimanfaatkan perusahaan untuk memperkenalkan produk kepada konsumen. Instagram, sebagai platform berbasis visual, memberikan peluang bagi brand untuk membangun komunikasi yang kreatif dan menarik. Roti’O memanfaatkan platform ini untuk memperkenalkan produk baru edisi Special Ramadhan tahun 2024–2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Konten Media Sosial Instagram Sebagai Media Digital Untuk Promosi Produk Roti’O pada tahun 2024 sampai 2025. Teori AISAS (Attention, Interest, Search, Action, dan Share) digunakan untuk menganalisis tahapan perilaku konsumen di era digital, mulai dari memperhatikan konten, menaruh minat, mencari informasi, melakukan tindakan, hingga membagikannya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara pada key informant dan beberapa informan yang relevan dengan topik penelitian. Wawancara dilakukan kepada Marketing Communication Manager, Content Creator, Social Media Specialist, dan Customer dari Roti’O Indonesia sebagai narasumber penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, Roti’O menjalankan strategi konten Instagram yang terencana melalui penggunaan visual menarik, storytelling emosional, kolaborasi dengan influencer, serta pemanfaatan fitur interaktif seperti Reels dan giveaway. Strategi tersebut digunakan dalam rangka meningkatkan perhatian, keterlibatan audiens, dan mendorong interaksi konsumen selama momen Ramadhan sebagai periode promosi strategis. Kata Kunci: Strategi Konten, Media Sosial, Instagram, Promosi Produk, Roti’O Indonesia

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 25 072
NIM/NIDN Creators: 44321110008
Uncontrolled Keywords: Content Strategy, Social Media, Instagram, Product Promotion, Roti'O Indonesia
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 381 Commerce, Trade/Perdagangan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.04 Management of Enterprises of Specific Forms/Pengelolaan Usaha dengan Bentuk Tertentu > 658.045 Corporations/Perusahaan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Pandu Risdiyanto
Date Deposited: 26 Sep 2025 03:30
Last Modified: 26 Sep 2025 03:30
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/98489

Actions (login required)

View Item View Item