PERANCANGAN INFOGRAFIS SOSIALISASI LEMBAGA AMIL ZAKAT MASJID RAYA BINTARO JAYA SEBAGAI MEDIA INFORMASI

AKHSAN, MOHAMMAD ALDRI (2025) PERANCANGAN INFOGRAFIS SOSIALISASI LEMBAGA AMIL ZAKAT MASJID RAYA BINTARO JAYA SEBAGAI MEDIA INFORMASI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

In the digital era, social media has become an effective tool for delivering information quickly and engagingly. The Amil Zakat Institution of Masjid Raya Bintaro Jaya utilizes both print and digital media to promote the importance of zakat through the design of infographics as an informational medium. Infographics are chosen because they are able to simplify information and attract audience attention. The purpose of designing the Infographic for the Socialization of the Amil Zakat Institution of Masjid Raya Bintaro Jaya as an Informational Medium is to increase public awareness by disseminating information about the existence and role of the institution, particularly to the community around the Bintaro area; to provide easily digestible understanding regarding the importance of zakat and the procedures for its distribution in accordance with Islamic law; and to enhance public participation in zakat by encouraging people to allocate and distribute a portion of their wealth through the Amil Zakat Institution in a simple, fast, and reliable manner. In designing the work, the method applied is originality, in which the researcher conducts in-depth research on similar works to maintain originality and avoid plagiarism. The media is designed in the form of A3 posters, program catalogs, digital flyers, e-book guides, and a website. Social media is chosen for its effectiveness in reaching digital audiences, while print media is used to engage those less active online. The design results show that the zakat infographic media for Masjid Raya Bintaro Jaya successfully conveys the message effectively and communicatively. The design combines appealing visuals, Islamic color palettes, and easy-to-read typography, making it suitable for digital media such as Instagram. Based on responses from respondents, experts, and partners, this work is considered effective in increasing public understanding and awareness of zakat. Nevertheless, improvements are still needed in the visual elements and call-to-action phrasing to make them more emotionally engaging. Overall, this design supports zakat socialization and demonstrates the role of design as an effective medium for education and information. Keywords: Infographic, Zakat, Social Media, Socialization, Visual Design Pada era digital, media sosial menjadi sarana efektif untuk menyampaikan informasi secara cepat dan menarik. Lembaga Amil Zakat Masjid Raya Bintaro Jaya memanfaatkan media cetak dan media digital untuk mensosialisasikan pentingnya zakat melalui perancangan infografis sebagai media informasi. Infografis dipilih karena mampu menyederhanakan informasi dan menarik perhatian audiens. Tujuan dari perancangan Perancangan Infografis Sosialisasi Lembaga Amil Zakat Masjid Raya Bintaro Jaya Sebagai Media Informasi adalah Meningkatnya kesadaran masyarakat dengan menyebarluaskan informasi tentang keberadaan dan peran Lembaga Amil Zakat Masjid Raya Bintaro Jaya, khususnya kepada masyarakat yang ada di sekitar daerah Bintaro; Memberikan pemahaman yang mudah dicerna mengenai pentingnya berzakat serta prosedur penyalurannya sesuai dengan syariat agama islam; dan Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berzakat dengan mendorong masyarakat untuk menyalurkan zakat dan menyisihkan sebagian hartanya melalui Lembaga Amil Zakat dengan cara yang mudah, cepat dan terpercaya. Dalam merancang suatu karya desain, metode perancanaan yang digunakan adalah orisinalitas. Dimana peneliti melakukan riset mendalam terhadap karya serupa untuk menjaga orisinalitas dan menghindari plagiarisme. Perancangan media dilakukan dalam bentuk poster A3, katalog program, flyer digital, e-book guide dan website. Media sosial dipilih karena efektif menjangkau audiens digital, sementara media cetak digunakan untuk menjangkau masyarakat yang kurang aktif secara online. Hasil perancangan menunjukkan bahwa media infografis zakat untuk Masjid Raya Bintaro Jaya berhasil menyampaikan pesan secara efektif dan komunikatif. Desain memadukan visual menarik, warna islami, dan tipografi yang mudah dibaca, sehingga cocok untuk media digital seperti Instagram. Berdasarkan uji responden, tanggapan ahli dan tanggapan mitra, karya ini dinilai dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap zakat. Meski demikian, masih diperlukan penyempurnaan pada elemen visual dan kalimat ajakan agar lebih emosional. Secara keseluruhan, perancangan ini mendukung sosialisasi zakat dan menunjukkan peran desain sebagai sarana edukasi dan informasi yang efektif. Kata Kunci: Infografis, Zakat, Media Sosial, Sosialisasi, Desain Visual

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FDSK/DKV. 25 054
NIM/NIDN Creators: 42319010008
Uncontrolled Keywords: Infographic, Zakat, Social Media, Socialization, Visual Design
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 010 Bibliography/Bibliografi > 011 General Bibliographies/Bibliografi Umum > 011.3 Bibliographies by Specific Forms/Bibliografi dan Katalog dengan Bentuk Khusus > 011.37 Visual and Audio Visual Media/Media Visual dan Audio Visual
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Pandu Risdiyanto
Date Deposited: 26 Sep 2025 01:15
Last Modified: 26 Sep 2025 01:15
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/98332

Actions (login required)

View Item View Item