CITRA PROMOTOR KONSER COLDPLAY DI INDONESIA DALAM BINGKAI MEDIA (Analisis Framing Berita Kompas.com dan CNNIndonesia.com pada November 2023)

Cahyani, Mutiara Regina (2025) CITRA PROMOTOR KONSER COLDPLAY DI INDONESIA DALAM BINGKAI MEDIA (Analisis Framing Berita Kompas.com dan CNNIndonesia.com pada November 2023). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta - Menteng.

[img] Text (Cover)
44221110049-MUTIARA REGINA CAHYANI-01 Cover - Mutiara Regina Cahyani.pdf

Download (471kB)
[img] Text (BAB I)
44221110049-MUTIARA REGINA CAHYANI-02 BAB 1 - Mutiara Regina Cahyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text (BAB II)
44221110049-MUTIARA REGINA CAHYANI-03 BAB 2 - Mutiara Regina Cahyani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text (BAB III)
44221110049-MUTIARA REGINA CAHYANI-04 BAB 3 - Mutiara Regina Cahyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text (BAB IV)
44221110049-MUTIARA REGINA CAHYANI-05 BAB 4 - Mutiara Regina Cahyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text (BAB V)
44221110049-MUTIARA REGINA CAHYANI-06 BAB 5 - Mutiara Regina Cahyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
44221110049-MUTIARA REGINA CAHYANI-07 Daftar Pustaka - Mutiara Regina Cahyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text (Lampiran)
44221110049-MUTIARA REGINA CAHYANI-08 Lampiran - Mutiara Regina Cahyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis pembingkaian media yang dilakukan oleh CNNIndonesia.com dan Kompas.com terkait pemberitaan konser coldplay di Indonesia pada november 2023. Fokus pada penelitian ini melihat bagaimana kedua media tersebut membingkai citra promotor konser coldplay melalui pemberitaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Framing yang dilakukan oleh CNNIndonesia.com dan Kompas.com terhadap konser coldplay di indonesia. Peneliti menggunakan analisis Framing Robert N Entmant dengan teori media massa dan citra untuk mengetahui bagaimana suatu informasi bisa mempengaruhi citra perusahaan. Adapun paradigma yang digunakan adalah konstruktivisme dengan metode kualitatif dan pengumpulan data dari pemberitaan langsung CNNIndonesia.com & Kompas.com beserta berita, buku, jurnal, dan publikasi ilmiah terdahulu yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CNNIndonesia.com cenderung membingkai citra promotor konser coldplay sebagai pihak yang lalai dan tidak profesional dalam menangani penyelenggaraan konser, sedangkan Kompas.com membingkai citra promotor cenderung positif karena memposisikan mereka sebagai pihak yang menghadapi tantangan teknis dan berusaha bertanggung jawab dalam menyikapi permasalahan tersebut. This study analyzes the media Framing conducted by CNNIndonesia.com and Kompas.com regarding the coverage of the Coldplay concert in Indonesia in November 2023. The research focuses on how these two media outlets framed the image of the concert promoter through their news reporting. The objective of this study is to identify the Framing strategies used by CNNIndonesia.com and Kompas.com in reporting on the Coldplay concert in Indonesia. The researcher applies Robert N. Entman’s Framing analysis, along with mass media and image theories, to examine how information can influence a company's image. The study adopts a constructivism paradigm with a qualitative method, using data collected from news articles published by CNNIndonesia.com and Kompas.com, as well as from relevant books, journals, and previous academic publications related to the research topic. The findings indicate that CNNIndonesia.com tends to frame the image of the Coldplay concert promoter as negligent and unprofessional in managing the event. In contrast, Kompas.com presents a more positive Framing, portraying the promoter as a party facing technical challenges while attempting to act responsibly in addressing the issues.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44221110049
Uncontrolled Keywords: Framing Media, Citra, Promotor, Konser Coldplay. Media Framing, Image, Promoter, Coldplay Concert
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 010 Bibliography/Bibliografi > 011 General Bibliographies/Bibliografi Umum > 011.3 Bibliographies by Specific Forms/Bibliografi dan Katalog dengan Bentuk Khusus > 011.37 Visual and Audio Visual Media/Media Visual dan Audio Visual
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ZAIRA ELVISIA
Date Deposited: 06 Sep 2025 03:03
Last Modified: 06 Sep 2025 03:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/97469

Actions (login required)

View Item View Item