Cahyani, Mutiara Regina (2025) CITRA PROMOTOR KONSER COLDPLAY DI INDONESIA DALAM BINGKAI MEDIA (Analisis Framing Berita Kompas.com dan CNNIndonesia.com pada November 2023). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta - Menteng.
![]() |
Text (Cover)
44221110049-MUTIARA REGINA CAHYANI-01 Cover - Mutiara Regina Cahyani.pdf Download (471kB) |
![]() |
Text (BAB I)
44221110049-MUTIARA REGINA CAHYANI-02 BAB 1 - Mutiara Regina Cahyani.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
![]() |
Text (BAB II)
44221110049-MUTIARA REGINA CAHYANI-03 BAB 2 - Mutiara Regina Cahyani.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
![]() |
Text (BAB III)
44221110049-MUTIARA REGINA CAHYANI-04 BAB 3 - Mutiara Regina Cahyani.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
44221110049-MUTIARA REGINA CAHYANI-05 BAB 4 - Mutiara Regina Cahyani.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) |
![]() |
Text (BAB V)
44221110049-MUTIARA REGINA CAHYANI-06 BAB 5 - Mutiara Regina Cahyani.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
44221110049-MUTIARA REGINA CAHYANI-07 Daftar Pustaka - Mutiara Regina Cahyani.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
44221110049-MUTIARA REGINA CAHYANI-08 Lampiran - Mutiara Regina Cahyani.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) |
Abstract
Penelitian ini menganalisis pembingkaian media yang dilakukan oleh CNNIndonesia.com dan Kompas.com terkait pemberitaan konser coldplay di Indonesia pada november 2023. Fokus pada penelitian ini melihat bagaimana kedua media tersebut membingkai citra promotor konser coldplay melalui pemberitaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Framing yang dilakukan oleh CNNIndonesia.com dan Kompas.com terhadap konser coldplay di indonesia. Peneliti menggunakan analisis Framing Robert N Entmant dengan teori media massa dan citra untuk mengetahui bagaimana suatu informasi bisa mempengaruhi citra perusahaan. Adapun paradigma yang digunakan adalah konstruktivisme dengan metode kualitatif dan pengumpulan data dari pemberitaan langsung CNNIndonesia.com & Kompas.com beserta berita, buku, jurnal, dan publikasi ilmiah terdahulu yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CNNIndonesia.com cenderung membingkai citra promotor konser coldplay sebagai pihak yang lalai dan tidak profesional dalam menangani penyelenggaraan konser, sedangkan Kompas.com membingkai citra promotor cenderung positif karena memposisikan mereka sebagai pihak yang menghadapi tantangan teknis dan berusaha bertanggung jawab dalam menyikapi permasalahan tersebut. This study analyzes the media Framing conducted by CNNIndonesia.com and Kompas.com regarding the coverage of the Coldplay concert in Indonesia in November 2023. The research focuses on how these two media outlets framed the image of the concert promoter through their news reporting. The objective of this study is to identify the Framing strategies used by CNNIndonesia.com and Kompas.com in reporting on the Coldplay concert in Indonesia. The researcher applies Robert N. Entman’s Framing analysis, along with mass media and image theories, to examine how information can influence a company's image. The study adopts a constructivism paradigm with a qualitative method, using data collected from news articles published by CNNIndonesia.com and Kompas.com, as well as from relevant books, journals, and previous academic publications related to the research topic. The findings indicate that CNNIndonesia.com tends to frame the image of the Coldplay concert promoter as negligent and unprofessional in managing the event. In contrast, Kompas.com presents a more positive Framing, portraying the promoter as a party facing technical challenges while attempting to act responsibly in addressing the issues.
Actions (login required)
![]() |
View Item |