SUTRISNA, NUR (2025) ANALISIS KONDISI KERUSAKAN PERMUKAAN JALAN PADA PERKERASAN JALAN LENTUR DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) DAN SURFACE DISTRESS INDEX (SDI) (Studi Kasus: Ruas Jalan Letnan Sutopo Serpong - Tangerang Selatan). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (730kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Road damage can occur due to several factors, including excessive vehicle load (overloading), high traffic load, improper planning, implementation that is not in accordance with existing plans, and lack of supervision of road conditions. This study aims to identify the level of damage, analyze the type of damage, compare the results of the Pavement Condition Index and Surface Distress Index methods, what maintenance actions are suitable for the Letnan Sutopo Serpong road, and obtain a road repair RAB. The method used is the PCI (Pavement Condition Index) and SDI (Surface Distress Index) methods, the assessment of road conditions in the PCI method is by ranking from a value of 0-100 while the SDI method is a visual observation with the percentage of total crack area to the area of the road reviewed, the average crack width, the number of potholes and the average depth of wheel marks on the road. The type of damage found on the 2 km Letnan Sutopo Serpong road was dominated by cracks. In the PCI method, the average score obtained is 87 with good road conditions, while in the SDI method the average score obtained is 38 with good road conditions. The comparison of these two methods can be seen from the percentage value according to the PCI method, which is good condition 67.48%, satisfactory condition 23.28%, and fair condition 4,26%, while the percentage value according to the SDI method is good condition 27.40%, medium condition 41.10%, and light damage 31.51%. From the comparison of the two methods, the maintenance actions obtained on the Letnan Sutopo Serpong Road Section, South Tangerang City, Routine Maintenance with the types of Handling P2 (Local Asphalt Melting), P4 (Filling Cracks), P5 (Filling Holes), P6 (Leveling). For the estimated cost needed in the maintenance of the Letnan Sutopo Serpong Road Section, South Tangerang City, which is Rp. 339,210,579 (Three Hundred and Thirty-Nine Million Two Hundred Ten Thousand Five Hundred Seventy-Nine Rupiah). Keywords: Flexible Pavement, Road Damage, Pavement Condition Index (PCI), Surface Distress Index (SDI), RAB Kerusakan jalan dapat terjadi oleh beberapa faktor antara lain beban kendaraan yang berlebihan (overloading), beban lalu lintas yang tinggi, perencanaan yang kurang tepat, pelaksanaan yang tidak sesuai dengan rencana yang ada, dan kurangnya pengawasan kondisi jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kerusakan, menganalisis jenis kerusakan, membandingkan hasil dari metode Pavement Condition Index dan Surface Distress Index, tindakan pemeliharaan apa yang cocok untuk jalan Letnan Sutopo Serpong, serta mendapatkan RAB perbaikan jalan. Metode yang digunakan adalah metode PCI (Pavement Condition Index) dan SDI (Surface Distress Index) penilaian kondisi jalan pada metode PCI adalah dengan meranking dari nilai 0-100 sedangkan metode SDI adalah pengamatan secara visual dengan persentase luas total retak terhadap luas jalan yang ditinjau, rata-rata lebar retak, jumlah lubang dan rata-rata kedalaman bekas roda pada jalan. Jenis kerusakan yang ditemukan pada jalan Letnan Sutopo Serpong sepanjang 2 Km didominasi oleh retak kotak-kotak. Pada metode PCI nilai rata-rata yang di dapat adalah 87 dengan kondisi jalan baik (good), sedangkan pada metode SDI nilai rata-rata yang di dapat adalah 38 dengan kondisi jalan baik. Perbandingan dari kedua metode ini dapat dilihat dari nilai persentase menurut metode PCI yaitu kondisi baik 67,48%, memuaskan 28,27%, dan sedang 4,26%, sedangkan nilai persentase menurut metode SDI yaitu kondisi baik 27,40%, sedang 41,10%, dan rusak ringan 31,51%. Dari perbandingan kedua metode, tindakan pemeliharaan yang didapat pada Ruas Jalan Letnan Sutopo Serpong Kota Tangerang Selatan Pemeliharaan Rutin dengan jenis Penanganan P2 (Leburan Aspal Setempat), P4 (Mengisi Retakan), P5 (Penambalan Lubang), P6 (Perataan). Untuk estimasi biaya yang di perlukan dalam pemeliharaan Ruas Jalan Letnan Sutopo Serpong Kota Tangerang Selatan yaitu sebesar Rp. 339.210.579 (Tiga Ratus Tiga Puluh Sembilan Juta Dua Ratus Sepuluh Ribu Lima Ratus Tujuh Puluh Sembilan Rupiah). Kata Kunci: Perkerasan Jalan Lentur, Kerusakan Jalan, Pavement Condition Index (PCI), Surface Distress Index (SDI), RAB
Actions (login required)
![]() |
View Item |