PERANCANGAN VIDEO EXPLAINER BERBASIS ANIMASI SEBAGAI MEDIA KAMPANYE PENGGUNAAN ISTILAH KESEHATAN MENTAL

CLAUDIO, RAYHAN (2025) PERANCANGAN VIDEO EXPLAINER BERBASIS ANIMASI SEBAGAI MEDIA KAMPANYE PENGGUNAAN ISTILAH KESEHATAN MENTAL. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)

Abstract

In the ever-evolving era of social media, the phenomenon of excessive use of mental health jargon has become a trend that can affect how individuals perceive and understand psychological issues. Examples of this phenomenon include the careless use of terms such as “overthinking,” “trauma,” and “OCD,” which carries the risk of creating misconceptions and diminishing the true meaning of actual mental health conditions. This design project aims to create an educational video based on Video explainer animation that addresses this issue while encouraging the target audience to use mental health terminology more wisely in everyday life, especially on social media. Video Explainer are chosen as the medium for education due to their ability to present complex information in a concise and visually engaging way. This project follows the stages of Empathize, Define, Ideate, Prototype, and Test. Keywords: Explainer Video, Animation, mental health, social media, education, design thinking Di era media sosial yang semakin berkembang, fenomena penggunaan jargon kesehatan mental secara berlebihan telah menjadi tren sehingga dapat memberikan dampak pada cara sebuah individu dalam memandang dan memahami isu isu psikologis. Contoh dari fenomena ini adalah seperti penggunaan istilah seperti “overthinking”, “trauma”, “OCD” dan lainnya secara sembarangan memiliki resiko terjadinya miskonsepsi dan meremehkan arti yang sebenarnya dari kondisi kondisi Kesehatan mental. Perancangan ini bertujuan untuk menciptakan sebuah video edukatif yang menggunakan basis animasi video explainer yang membahasa fenomena ini dan sekaligus mengajak para target audiens untuk lebih bijak dalam menggunakan istilah Kesehatan mental di kehidupan sehari hari terutama pada media sosial. Video Explainer digunakan sebagai media edukasi didasarkan pada kemampuannya dalam memberikan informasi yang kompleks secara ringkas, dan menarik secara visual. Perancangan ini dilakukan dengan tahapan Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Kata Kunci: Video Explainer, Animasi, kesehatan mental, media sosial, edukasi, design thinking

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FDSK/DKV. 25 076
NIM/NIDN Creators: 42321010066
Uncontrolled Keywords: Video Explainer, Animasi, kesehatan mental, media sosial, edukasi, design thinking
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.9 Environmental Psychology/Psikologi Lingkungan > 155.9042 Stress/Stres, Tekanan Jiwa
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 158 Applied Psychology/Psikologi Terapan > 158.7 Industrial Psychology/Psikologi Industri, Psikologi Perindustrian > 158.72 Job Stress/Stres Kerja > 158.723 Job Burnout/Kelelahan Kerja
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 324 Political Process/Proses Politik > 324.5 Campaigns for Nominations/Kampanye
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.5 Cartoons, Caricatures, Comics Drawings, Comic Books/Teknik Menggambar Kartun, Karikatur, Komik > 741.58 Animated Cartoons/Animasi Kartun
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 27 Aug 2025 02:04
Last Modified: 27 Aug 2025 02:04
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/97134

Actions (login required)

View Item View Item