REBRANDING MIE MAMI PERMATA BUANA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING

MANTIRI, AUDIE RICHARD (2025) REBRANDING MIE MAMI PERMATA BUANA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (717kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

MSMEs (Micro, Small, and Medium Enterprises) Culinary are a continuously growing business sector in Indonesia, particularly in the category of practical food such as chicken noodles. Mie Mami Permata Buana is one of the MSMEs engaged in this industry, based in West Jakarta and established in 2011. Despite having loyal customers and a unique taste, the business lacks a strong and consistent visual identity. A redesign or rebranding of the visual identity is needed—covering the logo, color, typography, and other supporting elements—since the previous logo was created without a solid visual concept, making it unable to reflect the brand’s core values such as family, warmth, cheerfulness, practicality, luck, and simplicity. Empathy, define, ideation, prototype, and testing are the steps applied through the Design Thinking approach used in the design process. One of the outcomes of this project is a new visual identity system with a modern and communicative appearance while retaining a sense of homeliness. The objective of this design is to enhance the competitiveness of Mie Mami by building a stronger professional and emotional perception in the eyes of consumers. Keywords: Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs), Rebranding, Visual Identity, Chicken Noodles, Design Thinking, Design, Visualization, Implementation UMKM kuliner merupakan sektor usaha yang terus berkembang di indonesia, khususnya dalam kategori makanan praktis seperti mie ayam. Mie Mami Permata Buana adalah salah satu UMKM yang bergerak dalam industri ini yang berbasis di Jakarta Barat dan berdiri sejak 2011. Bisnisini belum memiliki identitas visual yang kuat dan konsisten, meskipun memiliki pelanggan tetap dan cita rasa unik. Dibutuhkan perancangan ulang atau Rebranding identitas visual yang mencakup logo, warna, tipografi, dan elemen pendukung lainnya karena Logo sebelumnya dibuat tanpa konsep visual yang matang, sehingga tidak dapat mencerminkan nilai kekeluargaan, kehangatan, kecerian, praktis, hoki, dan kesederhanaan yang menjadi ciri khas merek. Empati, definisi, ideasi, prototipe, dan uji coba adalah langkah-langkah dalam pendekatan Design Thinking yang digunakan dalam proses perancangan. Salah satu hasil dari perancangan ini adalah sistem identitas visual baru yang memiliki tampilan yang komunikatif dan Modern namun tetap mempertahankan kesan rumahan. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk meningkatkan daya saing UMKM Mie Mami dengan memberi konsumen persepsi yang lebih baik secara profesional dan emosional. Kata Kunci: Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Rebranding, Identitas Visual, Mie Ayam, Design Thinking, Perancangan, Visualisasi, Implementasi

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FDSK/DKV. 25 064
NIM/NIDN Creators: 42321010006
Uncontrolled Keywords: Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Rebranding, Identitas Visual, Mie Ayam, Design Thinking, Perancangan, Visualisasi, Implementasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 010 Bibliography/Bibliografi > 011 General Bibliographies/Bibliografi Umum > 011.3 Bibliographies by Specific Forms/Bibliografi dan Katalog dengan Bentuk Khusus > 011.37 Visual and Audio Visual Media/Media Visual dan Audio Visual
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.02 Management of Enterprises of Specific Sizes and Scopes/Pengelolaan Usaha dengan Ukuran dan Lingkup Tertentu > 658.022 Small Enterprises/Usaha Kecil
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.02 Management of Enterprises of Specific Sizes and Scopes/Pengelolaan Usaha dengan Ukuran dan Lingkup Tertentu > 658.023 Big Enterprises/Usaha Besar
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.04 Management of Enterprises of Specific Forms/Pengelolaan Usaha dengan Bentuk Tertentu > 658.044 Unincorporated Business Enterprises/Badan Usaha Bukan Usaha
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 25 Aug 2025 03:55
Last Modified: 25 Aug 2025 03:55
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/97064

Actions (login required)

View Item View Item