ANALISIS KINERJA PROYEK TERHADAP MATERIAL PADA PEMBANGUNAN MARKETING GALLERY AREUM PARC BOGOR DENGAN MENGGUNAKAN METODE EARNED VALUE ANALYSIS (EVA)

SILABAN, RUTH MITA BONITA (2025) ANALISIS KINERJA PROYEK TERHADAP MATERIAL PADA PEMBANGUNAN MARKETING GALLERY AREUM PARC BOGOR DENGAN MENGGUNAKAN METODE EARNED VALUE ANALYSIS (EVA). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)

Abstract

Efforts to complete the construction of the Areum Parc Marketing Gallery have caused many things to happen, the initial contract value that has been agreed has experienced a loss from the total progress of the planned work. The changes that occurred during the marketing development process caused prices to soar, there was additional work, the length of time to change material specifications because the stock ran out, and sudden changes by several parties. Earned Value Analysis (EVA) is a tool to simultaneously control physical performance, cost and schedule (time) in an integrated manner, cost progress and information management related to the scope of procurement, quality and risk as well as a broad method for EVAluating and analyzing project cost performance. Managing costs using EVA is referred to as "managing with open eyes", because managers can clearly see what is planned, what is done and how much it actually costs. In the recapitulation value with the project budget plan of Rp 1,980,838,994, the BCWS (Budget Cost of Work Schedule) value was obtained with the actual cost in the field or BCWP (Budget Cost Work Performed) of Rp 1,980,838,994, but in reality in the field the costs that had been incurred up to the 28th week were Rp 2,624,444,397, which means that the costs incurred were greater than the plan. Based on this study, it can be seen that the large factor in the actual costs in the Areum Parc Bogor Marketing Gallery construction project was caused by changes in materials during the project and deficiencies when planning costs, namely the non-inclusion of the material value budget in the Cost Budget Plan (RAB). Keywords: Loss, Material, Earned Value, Plan, Actual, Cost and Time Usaha dalam menyelesaikan pembangunan Marketing Gallery Areum Parc menyebabkan banyak hal terjadi, nilai kontrak awal yang sudah disepakatin telah mengalami kerugian dari total progress pekerjaan yang direncanakan. Adanya perubahan yang terjadi selama proses pembangunan marketing ini berlangsung menyebabkan harga melonjak, terjadinya pekerjaan tambah, lamanya pergantian spek material karena stok habis, dan adanya perubahan secara mendadak oleh beberapa pihak. Metode Earned Value Analysis (EVA) merupakan alat untuk mengontrol kinerja secara fisik, biaya dan jadwal (waktu) secara terpadu, kemajuan biaya dan manajemen informasi yang berkaitan dengan lingkup pengadaan, kualitas dan resiko serta metode yang luas untuk mengevaluasi, dan menganalisis kinerja biaya proyek. Mengelola biaya menggunakan EVA disebut sebagai “mengelola dengan mata terbuka”, karena manajer dengan jelas dapat melihat apa yang direncanakan, apa yang dilakukan dan berapa biaya yang sebenarnya. Pada nilai rekapitulasi dengan rencana anggaran biaya proyek sebesar Rp 1.980.838.994, didapatkan nilai BCWS (Budget Cost of Work Schedule) dengan biaya aktual dilapangan atau BCWP (Budget Cost Work Performed) adalah sebesar Rp 1.980.838.994 namun pada kenyataan di lapangan biaya yang sudah dikeluarkan sampai dengan minggu ke-28 adalah sebesar Rp 2.624.444.397 di mana hal ini berarti biaya yang dikeluarkan lebih besar dari rencana. Berdasarkan penelitian ini, dapat diketahui bahwa faktor besarnya biaya aktual pada proyek pembangunan Marketing Gallery Areum Parc Bogor disebabkan oleh adanya perubahan material selama proyek berlangsung dan adanya kekurangan disaat merencakan biaya yaitu tidak masuknya anggaran nilai material pada Rencana Anggara Biaya (RAB). Kata Kunci : Kerugian, Material, Konsep Nilai Hasil, Rencana, Aktual, Biaya dan Waktu

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 25 090
NIM/NIDN Creators: 41122120097
Uncontrolled Keywords: Kerugian, Material, Konsep Nilai Hasil, Rencana, Aktual, Biaya dan Waktu
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
600 Technology/Teknologi > 690 Buildings/Teknik Bangunan > 692 Auxiliary Construction Practices/Lain-lain yang Berhubungan dengan Pekerjaan Konstruksi
600 Technology/Teknologi > 690 Buildings/Teknik Bangunan > 692 Auxiliary Construction Practices/Lain-lain yang Berhubungan dengan Pekerjaan Konstruksi > 692.5 Estimates of Labor, Time, Materials/Prakiraan Biaya Tenaga Kerja, Waktu dan Bahan-bahan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 720 Architecture/Arsitektur > 727 Building for Educational and Research Purposes/Arsitektur Gedung Institusi Pendidikan dan Penelitian > 727.7 Gallery Buildings Architecture/Arsitektur Galeri dan Gedung Kesenian
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 22 Aug 2025 07:08
Last Modified: 22 Aug 2025 07:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/97002

Actions (login required)

View Item View Item