PENGARUH KONTEN SOSIAL MEDIA TIKTOK PARAGON BEAUTY ACADEMY PADA MINAT KONSUMEN DALAM MENGIKUTI BEAUTY CLASS (Survei Kepada Followers TikTok @paragonbeautyacademy)

NAURA, VANESYA DITA (2025) PENGARUH KONTEN SOSIAL MEDIA TIKTOK PARAGON BEAUTY ACADEMY PADA MINAT KONSUMEN DALAM MENGIKUTI BEAUTY CLASS (Survei Kepada Followers TikTok @paragonbeautyacademy). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (628kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB)

Abstract

Social media is currently one of the most prominent marketing trends and can directly influence consumers' online purchasing decisions. The purpose of this study is to determine the influence of TikTok content on the @paragonbeautyacademy account on consumers’ or followers’ interest in joining beauty classes. This study is relevant to five previous studies that examined the impact of social media usage on purchase interest. The research refers to the Uses and Effect Theory, with variable X being the influence of social media and variable Y being purchase interest. This study adopts a positivist paradigm using a survey method and a quantitative approach. The sampling technique used is non-probability sampling with a purposive sampling method. The respondents were selected based on followers of the TikTok account @paragonbeautyacademy, which has 60.3 million followers. The sample size was determined using the Taro Yamane formula with a precision level of 5 percent, resulting in 100 respondents as the research sample. The study found that TikTok content, which includes aspects such as message clarity, visual design, interactivity, and content quality, has a moderately strong correlation with consumer interest in joining beauty classes. This is indicated by a correlation coefficient value of 0.455. Based on statistical analysis, the t-value of 5.054 is greater than the t-table value of 1.984, with a significance value of 0.000, which is less than 0.05. This means that the null hypothesis (H₀) is rejected, and it can be concluded that TikTok content from the @paragonbeautyacademy account has a significant and positive influence on consumer interest in joining beauty classes. Keywords: Social Media Content, TikTok, Consumer Interest, Digital Marketing Media sosial adalah tren pemasaran terbaru saat ini dan dapat mempengaruhi keputusan pembelian online konsumen secara langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konten TikTok pada akun @paragonbeautyacademy terhadap minat konsumen/followers untuk mengikuti beauty class. Kajian ini relevan dengan 5 penelitian sebelumnya yang membahas mengenai pengaruh penggunaan media sosial terhadap minat beli. Penelitian ini mengacu pada Teori Uses and Effect, dengan varibel X adalah pengaruh media sosial, dan variable Y adalah minat beli. Penelitian ini menerapkan paradigma positivisme dengan menggunakan metode survei dan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan melalui non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan sampel dilakukan dengan mengacu pada followers akun TikTok @paragonbeautyacademy, di mana sebanyak 60,3 juta followers akun tersebut. Penentuan jumlah sampel dihitung menggunakan rumus Taro Yamane dengan tingkat presisi sebesar 5%, sehingga diperoleh 100 responden sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menemukan bahwa konten TikTok yang meliputi unsur kejelasan pesan, desain visual, interaktivitas, dan kualitas konten memiliki korelasi yang cukup kuat dengan minat konsumen dalam mengikuti beauty class. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,455. Dari hasil analisis statistik, diperoleh bahwa nilai t-hitung sebesar 5,054 lebih besar dibandingkan t-tabel sebesar 1,984, dengan signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Artinya, hipotesis nol (H₀) ditolak, dan dapat disimpulkan bahwa konten TikTok akun @paragonbeautyacademy berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap minat konsumen untuk mengikuti beauty class. Kata Kunci : Konten Media Sosial, TikTok, Minat Konsumen, Pemasaran Digital

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 25 058
NIM/NIDN Creators: 44321010085
Uncontrolled Keywords: Konten Media Sosial, TikTok, Minat Konsumen, Pemasaran Digital
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.6 Computer Graphics/Komputer Grafis, Grafika Komputer > 006.69 Special Topics in Computer Graphics/Topik Khusus dalam Grafik Komputer > 006.696 Digital Video/Video Digital
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 518 Numerical Analysis/Analisis Numerik, Analisa Numerik > 518.1 Algorithms/Algoritma
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
800 Literatures/Kesusastraan > 800. Literatures/Kesusastraan > 808 Rhetoricand Collections of Literary/Retorik, Retorika dan Kumpulan Karya Sastra > 808.5 Rhetoric of Speech/Retorik Pidato > 808.54 Recitation/Gaya Membaca > 808.543 Storytelling/Mendongeng
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 11 Aug 2025 03:44
Last Modified: 11 Aug 2025 03:44
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/96743

Actions (login required)

View Item View Item