ANALISIS RESEPSI KOMODIFIKASI KEHIDUPAN KELUARGA RAFFI AHMAD

SINTA, CLARA (2025) ANALISIS RESEPSI KOMODIFIKASI KEHIDUPAN KELUARGA RAFFI AHMAD. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (497kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)

Abstract

In this increasingly modern era, many people prefer to watch shows on YouTube. However, in this modern era, YouTube is no longer used as a medium for entertainment, but rather as a commodification of family harmony, as seen in Rans Entertainment. Therefore, this study aims to determine and describe the audience's reception of the commodification of Raffi Ahmad's family harmony. This study uses a critical paradigm. The theory used is Cultural Industry Theory. The method used is Reception Analysis, which is used to explain how audiences interpret media content and family harmony. The data collection technique used is in-depth interviews. The research findings demonstrate that the ideological workings of the social media industry on the Rans Entertainment YouTube channel have transformed family harmony into a standard entertainment commodity capable of generating AdSense revenue. Keywords: Reception Analysis, Family Harmony, Commodification, YouTube, Cultural Industry Di zaman yang semakin modern ini, banyak masyarakat yang lebih memilih menonton tayangan di YouTube. Namun, perkembangan zaman modern sekarang YouTube tidak lagi digunakan sebagai media hiburan kini justru sebagai komodifikasi keharmonisan keluarga Rans Entertaiment. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Resepsi Khalayak terhadap Komodifikasi keharmonisan Keluarga Raffi Ahmad. Penelitian ini menggunakan paradigma Kritis. Teori yang digunakan Teori Insutri Budaya. Metode yang digunakan menggunakan Analisi Resepsi, digunakan untuk memaparkan bagaimana resepsi khalayak dalam memaknai sebuah isi media pada keharmonisan keluarga. Teknik pengumpulan data menggunakan Wawancara mendalam. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan meunjukkan bahwa kerja idiologis industri media sosial pada akun channel YouTube Rans Entertaiment mampu mengubah sebuah Keharmonisan keluarga yang menjadi sebuah komoditas berstandar hiburan yang mampu menghasilkan AdSense. Kata Kunci : Analisis Resepsi, Keharmonisan Keluarga, Komodifikasi, YouTube, Industri Budaya

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 25 077
NIM/NIDN Creators: 44117010154
Uncontrolled Keywords: Analisis Resepsi, Keharmonisan Keluarga, Komodifikasi, YouTube, Industri Budaya
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 08 Aug 2025 08:30
Last Modified: 08 Aug 2025 08:30
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/96688

Actions (login required)

View Item View Item