MARKETING PUBLIC RELATIONS PAYUNG ANTI UV MELALUI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK (studi deskriptif pada akun tiktok dari @tokonyaserbaada)

FORTUNA, ANGGIE DWI (2025) MARKETING PUBLIC RELATIONS PAYUNG ANTI UV MELALUI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK (studi deskriptif pada akun tiktok dari @tokonyaserbaada). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

This research aims to understand the marketing public relations strategy used to promote UV protection umbrellas through the TikTok social media platform by the account @tokonyaserbaada. The main focus of this study is to describe the marketing communication activities implemented and the audience's response to the published content. This research uses a qualitative method with a descriptive approach. Data were collected through in-depth interviews with the marketing supervisor, TikTok social media admin, as well as active and passive consumers of the account. Data analysis techniques include data reduction, data display, and conclusion drawing. The results show that the @tokonyaserbaada TikTok account applies creative and consistent marketing public relations strategies through informative, promotional, and interactive video content tailored to current trends and TikTok audience characteristics. The conclusion of this research is that TikTok is an effective promotional medium to increase awareness, engagement, and purchase intention for the UV protection umbrella product. Keywords: Marketing Public Relations, TikTok, Social Media, Communication Strategy Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi marketing public relations dalam memasarkan produk payung anti UV melalui media sosial TikTok yang dilakukan oleh akun @tokonyaserbaada. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas komunikasi pemasaran yang dijalankan, serta respons audiens terhadap konten yang dipublikasikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan supervisor pemasaran, admin media sosial TikTok, serta konsumen aktif dan pasif dari akun tersebut. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun TikTok @tokonyaserbaada menerapkan strategi marketing public relations yang kreatif dan konsisten melalui penggunaan konten video informatif, promosi, dan interaktif yang disesuaikan dengan tren serta karakteristik audiens TikTok. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan TikTok sebagai media promosi mampu meningkatkan awareness, engagement, dan minat beli terhadap produk payung anti UV yang ditawarkan. Kata Kunci : Marketing Public Relations, TikTok, Media Sosial, Strategi Komunikasi

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 25 146
NIM/NIDN Creators: 44221110029
Uncontrolled Keywords: Marketing Public Relations, TikTok, Media Sosial, Strategi Komunikasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 31 Jul 2025 03:10
Last Modified: 31 Jul 2025 03:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/96415

Actions (login required)

View Item View Item