REPRESENTASI PESAN TOLERANSI BERAGAMA PADA KONTEN YOUTUBE "LOG IN" (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE)

GUNAWAN, KHANSA AURELIA MARITZA (2025) REPRESENTASI PESAN TOLERANSI BERAGAMA PADA KONTEN YOUTUBE "LOG IN" (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (637kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)

Abstract

This research aims to reveal the representation of religious tolerance messages on the YouTube content "Log In" episode 9 season 2 and episode 18 season 3 by using the semiotic approach of Charles Sanders Peirce. The background of this study is the important role of social media as a space for interreligious communication. In today's multicultural society, diversity and tolerance are relevant and important themes. This study uses a qualitative descriptive method and focuses on analyzing verbal communication as the main object of the research. The analysis follows Peirce’s triangle of meaning, which includes representamen, object, and interpretation. The object of this study includes religious figures who become guests in the “Log In” content, such as Bhante Dhira and Pastor Marcel. They are involved in open discussions and dialogues with Habib Ja’far, Onadio, and Boris. The dialogue in these two episodes shows mutual understanding, respect, and openness when talking about different religious teachings.. The results show that YouTube, as a social media platform, is effective in spreading verbal messages about religious tolerance. The "Log In" content is a good example of how digital spaces can support intercultural communication and help create a society that respects differences. The communication between people with different religious backgrounds shows real examples of tolerance values like respect, care, and the willingness to learn from other beliefs. Key words: Religious Tolerance, Intercultural Communication, Semiotics, YouTube, Log In Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan Representasi PesanPesan Toleransi Beragama pada Konten YouTube “Log In” episode 9 season 2 dan episode 18 season 3 melalui pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce. Dilatarbelakangi oleh pentingnya peran media sosial sebagai ruang komunikasi antaragama, di mana keberagaman dan toleransi menjadi tema yang relevan di tengah masyarakat multikultural. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan fokus pada analisis komunikasi verbal sebagai objek kajian utama. Analisis dilakukan melalui model segitiga makna milik Charles Sanders Peirce melalui (representamen, Object, dan interpretant). Objek pada penelitian ini melibatkan tokoh-tokoh agama yang menjadi bintang tamu konten “Log In”, yaitu Bhante Dhira dan Pendeta Marcel yang berdialog serta berdiskusi secara terbuka dengan Habib Ja’far serta Onadio dan Boris. Dialog yang dibangun dalam kedua episode ini mencerminkan sikap saling memahami, menghargai, serta keterbutakaan dalam membahas ajaran agama masing-masing. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa YouTube sebagai media sosial memiliki efektivitas dalam menyampaikan pesan-pesan toleransi beragama secara verbal. Konten “Log In” menjadi contoh representatif bagaimana ruang digital dapat dimanfaatkan untuk memperkuat komunikasi antarbudaya dan mendorong terciptanya masyarakat yang saling memahami dan menghargai perbedaan. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi yang terjadi antara tokoh dengan latar belakang agama yang berbeda tidak hanya menyampaikan ajarang masing-masing, namun juga mencerminkan penerapan nyata dari nilai-nilai toleransi beragama. Nilai-nilai seperti penghormatan, kepedulian, serta kesediaan untuk belajar dari tradisi agama lain menjadi inti dari pesan toleransi yang ditampilkan secara eksplisit. Kata kunci: Toleransi Beragama, Komunikasi Antarbudaya, Semiotika, YouTube, Log In

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/KD. 25 024
NIM/NIDN Creators: 44521010021
Uncontrolled Keywords: Toleransi Beragama, Komunikasi Antarbudaya, Semiotika, YouTube, Log In
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.7 Data in Computer Systems/Data dalam Sistem-sistem Komputer > 005.72 Data Preparation and Representation, Record Formats/Persiapan Data dan Representasi, Format Rekaman
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 010 Bibliography/Bibliografi > 011 General Bibliographies/Bibliografi Umum > 011.3 Bibliographies by Specific Forms/Bibliografi dan Katalog dengan Bentuk Khusus > 011.37 Visual and Audio Visual Media/Media Visual dan Audio Visual
200 Religion/Agama > 240 Christian Moral and Devotional Theology/Moral Kristen dan Teologi Kebaktian > 246 Use of Art in Christianity/Seni dalam Agama Kristen > 246.5 Icons, Symbols, Insignia/Ikon, Simbol, Lambang
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 700. Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 704 Special Topics in Fine and Decorative Arts/Topik Khusus tentang Karya Seni > 704.9 Iconography, Icon, Image/Ikonografi, Ikon, Gambar > 704.94 Specific Subjects/Subjek Tertentu tentang Ikonografi, Gambar > 704.948 Religion/Mitos Keagamaan, Simbol Keagamaan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Digital
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 24 Jun 2025 07:18
Last Modified: 24 Jun 2025 07:18
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/95892

Actions (login required)

View Item View Item