CUSTOMER ENGAGEMENT MELALUI PESAN KUIS SOSIAL MEDIA INSTAGRAM BPJS KETENAGAKERJAAN

AJI, ARFANUL (2025) CUSTOMER ENGAGEMENT MELALUI PESAN KUIS SOSIAL MEDIA INSTAGRAM BPJS KETENAGAKERJAAN. S2 thesis, UNIVERSITAS MERCU BUANA - BUNCIT.

[img]
Preview
Text (COVER)
55221120037 - ARFANUL AJI - 01 COVER.pdf

Download (381kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
55221120037 - ARFANUL AJI - 02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
55221120037 - ARFANUL AJI - 03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text (BAB 3)
55221120037 - ARFANUL AJI - 04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text (BAB 4)
55221120037 - ARFANUL AJI - 05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
55221120037 - ARFANUL AJI - 06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
55221120037 - ARFANUL AJI - 08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
55221120037 - ARFANUL AJI - 09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)

Abstract

Media sosial menjadi alat komunikasi strategis bagi institusi publik dalam menjangkau audiens lebih luas. BPJS Ketenagakerjaan menggunakan Instagram untuk meningkatkan keterlibatan peserta melalui gamifikasi, salah satunya dalam bentuk kuis interaktif. Namun, efektivitas strategi ini masih perlu dievaluasi untuk memahami elemen yang paling mendorong customer engagement. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi elemen dalam konten Instagram BPJS Ketenagakerjaan yang paling efektif dalam mendorong keterlibatan peserta, (2) menganalisis pengalaman peserta dalam berinteraksi dengan gamifikasi di media sosial, serta (3) menjelaskan bagaimana keterlibatan peserta terbentuk melalui mekanisme gamifikasi dalam konten kuis. Penelitian ini mengacu pada Teori Interactivity untuk memahami bagaimana interaksi digital mendorong engagement serta Teori Self-Determination untuk meneliti bagaimana motivasi pengguna, baik intrinsik maupun ekstrinsik, berperan dalam keterlibatan mereka terhadap gamifikasi di Instagram. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analitik media sosial. Wawancara dilakukan dengan peserta kuis untuk memahami pengalaman mereka. Observasi partisipatif dilakukan dengan mengikuti interaksi digital secara langsung di Instagram BPJS Ketenagakerjaan. Analitik media sosial digunakan untuk mengukur pola engagement berdasarkan respons pengguna terhadap konten gamifikasi. Temuan menunjukkan bahwa konten berbasis interaksi dengan unsur tantangan, hadiah, serta edukasi yang dikemas secara menarik merupakan elemen paling efektif dalam meningkatkan keterlibatan peserta. Kuis dengan format sederhana namun menantang, elemen visual yang kuat, instruksi yang jelas, serta tema yang relevan dengan kebutuhan audiens terbukti meningkatkan engagement rate (ER) dibandingkan dengan konten non-kuis. Selain meningkatkan kesadaran dan pemahaman individu tentang layanan BPJS Ketenagakerjaan, gamifikasi juga mendorong partisipasi kolektif melalui word-of-mouth digital, di mana peserta berbagi informasi kepada rekan kerja atau keluarga. Gamifikasi dalam konten kuis tidak hanya meningkatkan keterlibatan peserta secara aktif, tetapi juga memperkuat hubungan emosional mereka terhadap BPJS Ketenagakerjaan, meningkatkan kepercayaan terhadap layanan, serta mendorong keterlibatan yang berkelanjutan dengan institusi.

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 55221120037
Uncontrolled Keywords: Customer Engagement, Gamifikasi, Media Sosial, BPJS Ketenagakerjaan, Instagram
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 27 Mar 2025 04:08
Last Modified: 27 Mar 2025 04:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/95109

Actions (login required)

View Item View Item