IMPLEMENTASI STRATEGI KOMUNIKASI SOSIAL MEDIA AKUN INSTAGRAM @GOJEKINDONESIA DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA

DININGTYAS, INTAN AYU (2025) IMPLEMENTASI STRATEGI KOMUNIKASI SOSIAL MEDIA AKUN INSTAGRAM @GOJEKINDONESIA DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA. S1 thesis, UNIVERISTAS MERCU BUANA - BUNCIT.

[img]
Preview
Text (COVER)
44221010093 - Intan Ayu Diningtyas - 01 Cover.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
44221010093 - Intan Ayu Diningtyas - 02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text (BAB 2)
44221010093 - Intan Ayu Diningtyas - 03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text (BAB 3)
44221010093 - Intan Ayu Diningtyas - 04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text (BAB 4)
44221010093 - Intan Ayu Diningtyas - 05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
44221010093 - Intan Ayu Diningtyas - 06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
44221010093 - Intan Ayu Diningtyas - 07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
44221010093 - Intan Ayu Diningtyas - 08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)

Abstract

Instagram, dengan keunggulan visualnya, menjadi platform strategis bagi Public Relations (PR) untuk membangun hubungan dengan publik dan membentuk citra positif. Gojek, sebagai pelopor layanan transportasi berbasis aplikasi di Indonesia, memanfaatkan Instagram untuk berkomunikasi dengan pengguna dan memperkuat brand image. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi media sosial akun Instagram @gojekindonesia dalam mempertahankan citra perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivis dan data dikumpulkan melalui observasi non-partisipan, wawancara semi-terstruktur, serta dokumentasi dari Januari hingga Juni 2024. Informan penelitian meliputi praktisi PR, admin Instagram Gojek, dan pengikut akun @gojekindonesia. Analisis dilakukan terhadap 135 postingan yang diunggah selama periode tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun Instagram @gojekindonesia menerapkan strategi media sosial dengan konten visual berkualitas tinggi, interaksi aktif dengan pengikut, dan tema inspiratif yang mencerminkan nilai perusahaan seperti inovasi dan keberlanjutan. Strategi ini efektif dalam mempertahankan citra perusahaan melalui penerapan model Cutlip and Center serta prinsip 7C komunikasi. Pendekatan ini mencakup analisis tren, storytelling autentik, interaksi aktif, dan evaluasi berkala, yang menunjukkan adaptasi Gojek terhadap dinamika media sosial dan kebutuhan audiens. Penelitian ini merekomendasikan agar Gojek mempertahankan konsistensi strategi kontennya serta terus memanfaatkan fitur Instagram untuk membangun hubungan yang lebih kuat dengan audiens.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44221010093
Uncontrolled Keywords: Strategi Social Media, Social Media, Instagram, Gojek Indonesia
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Rifky
Date Deposited: 13 Mar 2025 03:23
Last Modified: 13 Mar 2025 03:23
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94845

Actions (login required)

View Item View Item