PROSES EMPLOYEE BRANDING STARBUCKS DALAM MENGKOMUNIKASIKAN CITRA MEREK (STUDI KASUS PADA STARBUCKS CABANG KISAMAUN DI TANGERANG PERIODE 2023-2024)

MEIZYA, TASYA (2025) PROSES EMPLOYEE BRANDING STARBUCKS DALAM MENGKOMUNIKASIKAN CITRA MEREK (STUDI KASUS PADA STARBUCKS CABANG KISAMAUN DI TANGERANG PERIODE 2023-2024). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)

Abstract

The increasingly fierce competition in the coffee business is not enough for consumers if companies only provide quality flavors. One of the activities that a company can do in shaping a positive image is branding. Starbucks is one of the companies that do branding in shaping a positive image. This research aims to find out how the employee branding process carried out by Starbucks Kisamaun through its baristas in the 2023-2024 period communicates brand image. This study uses the theory of the employee branding process by Miles and Mangold (2004). Employee branding is an internalization process for employees and a process to motivate employees to project the image to customers and other parties involved in the organization. The paradigm in this research uses post-positivism, then for the approach uses qualitative with case study method. Data collection in this research is by interview, documentation, and observation. Then the data is reduced and triangulated for data validity. The results of this study show that Starbucks Kisamaun branch can carry out the employee branding process well. Starbucks uses training, briefings, and customer voice to ensure employees reflect brand values consistently. By integrating company values into employees through training and evaluation, it increases customer and employee loyalty. Persaingan yang semakin ketat dalam bisnis kopi, tidak cukup bagi konsumen jika perusahaan hanya memberikan cita rasa yang berkualitas. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan suatu perusahaan dalam membentuk citra positif adalah branding. Starbucks salah satu perusahaan yang melakukan branding dalam membentuk citra positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses employee branding yang dilakukan Starbucks Kisamaun melalui baristanya pada periode 2023-2024 dalam mengkomunikasikan citra merek. Penelitian ini menggunakan teori adalah teori proses employee branding oleh Miles dan Mangold (2004). Employee branding merupakan proses internalisasi pada karyawan dan proses untuk memotivasi agar karyawan memproyeksikan image tersebut pada customer dan pihak-pihak lain yang terlibat di dalam organisasi. Paradigma dalam penelitian ini menggunakan post-positivisme, kemudian untuk pendekatannya menggunakan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Kemudian data di reduksi dan dilakukan triangulasi untuk keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Starbucks cabang kisamaun dapat melakukan proses employee branding dengan baik. Starbucks menggunakan pelatihan, briefing, dan customer voice untuk memastikan karyawan mencerminkan nilai merek secara konsisten. Dengan mengintegrasikan nilai perusahaan ke karyawan melalui pelatihan dan evaluasi, sehingga meningkatkan loyalitas pelanggan dan karyawan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 25 036
NIM/NIDN Creators: 44318110037
Uncontrolled Keywords: perusahaan ke karyawan, pelatihan dan evaluasi, loyalitas pelanggan dan karyawan.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 010 Bibliography/Bibliografi > 011 General Bibliographies/Bibliografi Umum > 011.3 Bibliographies by Specific Forms/Bibliografi dan Katalog dengan Bentuk Khusus > 011.37 Visual and Audio Visual Media/Media Visual dan Audio Visual
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 023 Personnel Administration/Personalia Perpustakaan > 023.8 In-Service Training/Pelatihan Layanan
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.4 Journalism/Jurnalisme, Jurnalistik, Pers > 070.48 Journalism Directed to Special Groups/Jurnalistik Disutradarai oleh Kelompok Khusus > 070.486 Occupational and Employee Groups/Kelompok Kerja dan Karyawan
600 Technology/Teknologi > 640 Home Economic and Family Living Management/Kesejahteraan Rumah Tangga dan Manajemen Kehidupan Keluarga > 647 Management Housekeeping/Pengaturan Pekerjaan Rumah Tangga > 647.6 Employee Hours and Duties/Jam dan Tugas Karyawan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 07 Mar 2025 04:41
Last Modified: 07 Mar 2025 04:41
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94711

Actions (login required)

View Item View Item