MEIZYA, TASYA (2025) PROSES EMPLOYEE BRANDING STARBUCKS DALAM MENGKOMUNIKASIKAN CITRA MEREK (STUDI KASUS PADA STARBUCKS CABANG KISAMAUN DI TANGERANG PERIODE 2023-2024). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (403kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
02 BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
03 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
04 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
05 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
06 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
Abstract
The increasingly fierce competition in the coffee business is not enough for consumers if companies only provide quality flavors. One of the activities that a company can do in shaping a positive image is branding. Starbucks is one of the companies that do branding in shaping a positive image. This research aims to find out how the employee branding process carried out by Starbucks Kisamaun through its baristas in the 2023-2024 period communicates brand image. This study uses the theory of the employee branding process by Miles and Mangold (2004). Employee branding is an internalization process for employees and a process to motivate employees to project the image to customers and other parties involved in the organization. The paradigm in this research uses post-positivism, then for the approach uses qualitative with case study method. Data collection in this research is by interview, documentation, and observation. Then the data is reduced and triangulated for data validity. The results of this study show that Starbucks Kisamaun branch can carry out the employee branding process well. Starbucks uses training, briefings, and customer voice to ensure employees reflect brand values consistently. By integrating company values into employees through training and evaluation, it increases customer and employee loyalty. Persaingan yang semakin ketat dalam bisnis kopi, tidak cukup bagi konsumen jika perusahaan hanya memberikan cita rasa yang berkualitas. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan suatu perusahaan dalam membentuk citra positif adalah branding. Starbucks salah satu perusahaan yang melakukan branding dalam membentuk citra positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses employee branding yang dilakukan Starbucks Kisamaun melalui baristanya pada periode 2023-2024 dalam mengkomunikasikan citra merek. Penelitian ini menggunakan teori adalah teori proses employee branding oleh Miles dan Mangold (2004). Employee branding merupakan proses internalisasi pada karyawan dan proses untuk memotivasi agar karyawan memproyeksikan image tersebut pada customer dan pihak-pihak lain yang terlibat di dalam organisasi. Paradigma dalam penelitian ini menggunakan post-positivisme, kemudian untuk pendekatannya menggunakan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Kemudian data di reduksi dan dilakukan triangulasi untuk keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Starbucks cabang kisamaun dapat melakukan proses employee branding dengan baik. Starbucks menggunakan pelatihan, briefing, dan customer voice untuk memastikan karyawan mencerminkan nilai merek secara konsisten. Dengan mengintegrasikan nilai perusahaan ke karyawan melalui pelatihan dan evaluasi, sehingga meningkatkan loyalitas pelanggan dan karyawan.
Actions (login required)
![]() |
View Item |