PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @BAKMIETAAT DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS PADA UMKM

FEBRYSARI, FEBRYSARI (2025) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @BAKMIETAAT DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS PADA UMKM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (538kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)

Abstract

Social media, particularly Instagram, has become a primary platform for UMKM to enhance brand awareness and reach a wider audience. One such UMKM implementing this strategy is Bakmietaat, a culinary business based in East Jakarta. By utilizing Instagram as a marketing tool, Bakmietaat aims to strengthen its visibility and engagement with customers through visually appealing content and active interaction. This study aims to analyze the use of Instagram @bakmietaat in building brand awareness. The research is based on the New Media theory by Pierre Levy. The paradigm used in this study is Post-Positivism, with a Descriptive Qualitative method. The research subjects consist of five individuals : the social media manager of @bakmietaat, the owner of @bakmietaat, a loyal customer who has been subscribing for six months, and followers of @bakmietaat who have never purchased the product. The results of this study indicate that Instagram @bakmietaat can help UMKM like @bakmietaat enhance brand awareness by utilizing Instagram features, enabling them to build strong relationships with customers and fulfill the four pillars of Brand Awareness. Keywords : New Media, Media Utilization, Instagram Social Media @bakmietaat, Brand Awareness, UMKM. Media sosial, khususnya Instagram, kini menjadi sarana utama bagi UMKM dalam meningkatkan kesadaran merek dan menjangkau audiens yang lebih luas. Salah satu UMKM yang menerapkan strategi ini adalah Bakmietaat, sebuah bisnis kuliner yang berlokasi di Jakarta Timur. Melalui pemanfaatan Instagram sebagai alat pemasaran, Bakmietaat berusaha memperkuat visibilitas serta keterlibatan dengan pelanggan melalui konten visual yang menarik dan interaksi yang aktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media sosial Instagram @bakmietaat dalam membangun Brand Awareness. Penelitian ini menggunakan landasan New Media oleh Pierre Levy. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah Post Postivism dengan menggunakan metode Deskriptif Kualitatif. Subyek penelitian terdiri dari lima 5 orang yaitu pada pengelola akun sosial media @bakmietaat, owner dari @bakmietaat, pelanggan setia bakmietaat yang sudah berlangganan selama 6 bulan dan pengikut akun @bakmietaat namun belum pernah membeli produk tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah Instagram @bakmietaat dapat membantu UMKM seperti @bakmietaat dalam meningkatkan brand awareness dengan pemanfaatan fitur-fitur Instagram sehingga mampu membangun hubungan yang kuat terhadap pelanggan dan mampu memenuhi 4 pilar yang berada dalam Brand Awareness. Kata Kunci : New Media, Pemanfataan Media, Media Sosial Intagram @bakmietaat, Brand Awareness, UMKM.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 25 086
NIM/NIDN Creators: 44221010141
Uncontrolled Keywords: New Media, Pemanfataan Media, Media Sosial Intagram @bakmietaat, Brand Awareness, UMKM.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.02 Management of Enterprises of Specific Sizes and Scopes/Pengelolaan Usaha dengan Ukuran dan Lingkup Tertentu > 658.022 Small Enterprises/Usaha Kecil
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.04 Management of Enterprises of Specific Forms/Pengelolaan Usaha dengan Bentuk Tertentu > 658.044 Unincorporated Business Enterprises/Badan Usaha Bukan Usaha
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 07 Mar 2025 04:31
Last Modified: 07 Mar 2025 04:31
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94708

Actions (login required)

View Item View Item