TEKNIK LOBI DAN NEGOSIASI DALAM PROGRAM KAMPANYE “SUSTAINABLE LIVING FOR BETTER GENERATION " DI SDN PENGADEGAN 03 JAKARTA SELATAN ( SEPTEMBER 2024 – JANUARI 2025)

SAPUTRA, ANDRE MAHDA (2025) TEKNIK LOBI DAN NEGOSIASI DALAM PROGRAM KAMPANYE “SUSTAINABLE LIVING FOR BETTER GENERATION " DI SDN PENGADEGAN 03 JAKARTA SELATAN ( SEPTEMBER 2024 – JANUARI 2025). S1 thesis, UNIVERSITAS MERCU BUANA - BUNCIT.

[img]
Preview
Text (COVER)
44220120046 - ANDRE MAHDA SAPUTRA - 01 COVER.pdf

Download (395kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
44220120046 - ANDRE MAHDA SAPUTRA - 02 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text (BAB 2)
44220120046 - ANDRE MAHDA SAPUTRA - 03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text (BAB 3)
44220120046 - ANDRE MAHDA SAPUTRA - 04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text (BAB 4)
44220120046 - ANDRE MAHDA SAPUTRA - 05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text (BAB 5)
44220120046 - ANDRE MAHDA SAPUTRA - 06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text (BAB 6)
44220120046 - ANDRE MAHDA SAPUTRA - 07 BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
44220120046 - ANDRE MAHDA SAPUTRA - 08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
44220120046 - ANDRE MAHDA SAPUTRA - 09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Program kampanye “Sustainable Living For Better Generation” yang dilaksanakan di SDN Pengadegan 03 Jakarta Selatan pada periode September 2024 hingga Januari 2025 bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi aktif siswa, guru, serta orang tua dalam menerapkan gaya hidup berkelanjutan. Pengabdian ini berfokus pada teknik lobi dan negosiasi yang digunakan untuk memastikan keberhasilan program tersebut. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa teknik lobi dan negosiasi yang efektif, seperti pendekatan kolaboratif, komunikasi persuasif, dan penyusunan strategi win-win solution, berperan penting dalam mendapatkan dukungan dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk pihak sekolah, komite sekolah, dan sponsorship. Selain itu, faktor kunci keberhasilan program meliputi pembangunan hubungan yang baik, transparansi tujuan, serta adaptasi terhadap kebutuhan dan kepentingan masing-masing pihak. Pengabdian Masyarakat ini memberikan kontribusi praktis dalam pengembangan strategi komunikasi dan negosiasi untuk program program serupa di lingkungan pendidikan dasar, khususnya yang berkaitan dengan isu keberlanjutan.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44220120046
Uncontrolled Keywords: Teknik Lobi, Negosiasi, Sponsorship, Kampanye PR, SDN Pengadegan 03.
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 158 Applied Psychology/Psikologi Terapan > 158.5 Negotiation/Negosiasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.22 Kinds of Communication/Jenis-jenis Komunikasi > 302.224 Verbal Communication/Komunikasi Verbal
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 324 Political Process/Proses Politik > 324.5 Campaigns for Nominations/Kampanye
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Rifky
Date Deposited: 01 Mar 2025 03:17
Last Modified: 01 Mar 2025 03:17
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94535

Actions (login required)

View Item View Item