RESEPSI KHALAYAK PADA POPULARITAS RIDWAN KAMIL DI AKUN INSTAGRAM @RIDWANKAMIL SEBAGAI TOKOH MASYARAKAT

PUTRI, NAURAH MAULIDYA (2025) RESEPSI KHALAYAK PADA POPULARITAS RIDWAN KAMIL DI AKUN INSTAGRAM @RIDWANKAMIL SEBAGAI TOKOH MASYARAKAT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (626kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ridwan Kamil is one of the popular public figures who is quite active in using social media, especially Instagram. Instagram is one of the mainstream platforms that many people use to communicate with a wider audience. With such a large number of people, this research aims to find out what kind of audience reception on the popularity of a public figure named Ridwan Kamil on Instagram account as a public figure. This research uses reception theory developed by Stuart Hall where audiences are divided into 3 attitudes of meaning, namely, Hegemonic Dominant, Negotiated Position and Oppositional Position. This research method uses qualitative research methods, reception analysis. The subjects in this research are five informants who follow @ridwankamil Instagram with the criteria of giving comments, likes and reposting on @ridwankamil account posts randomly, with different age, education, occupation and residence backgrounds. Data analysis techniques used are data reduction, data display, and conclusion drawing/verification. The results showed that public reception of Ridwan Kamil's popularity on @ridwankamil Instagram account gave different effects to each informant. However, most informants are in the Hegemonic Dominant position in interpreting Ridwan Kamil's popularity as a public figure. Beyond being a public figure, informants also responded positively to the possibility of Ridwan Kamil's leadership in the future. This is seen from Ridwan Kamil's capital as a leader and also his advantages in the field of architecture. Keywords: Popularity, Reception, Audience, Instagram, Public Figure Ridwan Kamil merupakan salah satu tokoh masyarakat popular yang cukup aktif dalam menggunakan sosial media, khususnya Instagram. Instagram merupakan salah satu platform mainstream yang banyak digunakan orang untuk berkomunikasi dengan khalayak lebih luas. Dengan jumlah yang cukup banyak tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa resepsi khalayak pada popularitas seorang tokoh masyarakat bernama Ridwan Kamil di akun Instagram sebagai tokoh masyarakat. Penelitian ini menggunakan teori resepsi yang dikembangkan oleh Stuart Hall dimana khalayak dibagi ke dalam 3 sikap pemaknaan yaitu, Hegemonic Dominant, Negotiated Position dan Oppositional Position. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, analisis resepsi. Subjek pada penelitian ini adalah lima informan yang mengikuti Instagram @ridwankamil dengan kriteria memberikan komentar, likes maupun memposting ulang pada postingan-postingan akun @ridwankamil secara random, dengan latar belakang usia, pendidikan, pekerjaan dan tempat tinggal yang berbeda-beda. Teknik analisis data yang digunakan adalah data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa resepsi khalayak pada kepopularitasan Ridwan Kamil di akun Instagram @ridwankamil memberikan efek yang bebeda-beda kepada masing-masing informan. Meskipun demikian, sebagian besar informan berada pada sikap Hegemonic Dominant dalam pemaknaan terdahap popularitas yang dimiliki Ridwan Kamil sebagai tokoh masyarakat. Di luar hal sebagai tokoh masyarakat, para informan juga memberikan respon positif terhadap kemungkinan kepemimpinan Ridwan Kamil dimasa depan. Hal ini dilihat dari modal yang dimiliki Ridwan Kamil sebagai seorang pemimpin dan juga kelebihannya pada bidang arsitektur. Kata Kunci: Popularitas, Resepsi, Khalayak, Instagram, Tokoh Masyarakat

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 25 063
NIM/NIDN Creators: 44222120027
Uncontrolled Keywords: Popularitas, Resepsi, Khalayak, Instagram, Tokoh Masyarakat
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 25 Feb 2025 08:28
Last Modified: 25 Feb 2025 08:28
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94434

Actions (login required)

View Item View Item