PENGARUH PRE - EVENT: JAVA JAZZ ON THE MOVE TERHADAP KEPUTUSAN MENONTON JAKARTA INTERNATIONAL BNI JAVA JAZZ FESTIVAL (JJF) 2024 (Survei pada Pengunjung Java Jazz on The Move 2024 di Jakarta dan Tangerang Selatan)

MELYAREZA, AGRI (2025) PENGARUH PRE - EVENT: JAVA JAZZ ON THE MOVE TERHADAP KEPUTUSAN MENONTON JAKARTA INTERNATIONAL BNI JAVA JAZZ FESTIVAL (JJF) 2024 (Survei pada Pengunjung Java Jazz on The Move 2024 di Jakarta dan Tangerang Selatan). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Event marketing must be designed to provide an immersive experience for the audience by incorporating delightful surprises, engaging entertainment, or captivating challenges to meet the audience's needs. Stimuli that successfully capture the audience's attention can emotionally influence them and result in a response in the form of a decision to attend the main event. The Stimulus-Organism-Response (S-O-R) model serves as the grand theory or main theoretical framework for this research. This study applies the 3E dimensions (Entertainment, Excitement, and Enterprise) for the Event Marketing variable, and the AISAS dimensions (Attention, Interest, Search, Action, and Share) for the decision-making variable. The study adopts a positivist paradigm with a quantitative approach using a survey method. The sampling technique employed is non-probability sampling with a purposive sampling method. The sample size was determined using the Bernoulli formula, resulting in a total of 68 respondents. The findings of the study indicate a strong relationship between event marketing as the independent variable and decision-making as the dependent variable, with a correlation value of 0.814. The data analysis results show that the t-value is 11.364, which is greater than the t-table value of 1.667, with a significance level of 0.000 (less than 0.05). This indicates that the null hypothesis (H0) is rejected, and it can be concluded that event marketing has a positive and significant influence on the decision to attend. Keywords: Java Jazz on The Move, Event Marketing, Viewing Decision, Entertainment, Excitement, Enterprise, AISAS Event Marketing harus dirancang memberikan pengalaman yang mendalam kepada audiens dengan memasukkan unsur kejutan yang menyenangkan, hiburan yang menarik, atau tantangan yang memikat, sehingga mampu memenuhi kebutuhan audiens. Stimulus yang berhasil menarik perhatian penonton akan memengaruhi mereka secara emosional dan menghasilkan respons berupa keputusan untuk menghadiri acara utama. Model Stimulus-Organism-Response (S-O-R) menjadi grand theory atau teori utama pada penelitian ini. Penelitian ini menerapkan dimensi 3E (Entertaiment, Excitement dan Enterpise) untuk variabel Event Marketing dan untuk variabel keputusan menonton menggunakan dimensi AISAS (Attention, Interest, Search, Action, dan Share). Penelitian ini mengadopsi paradigma positivisme dengan pendekatan kuantitatif melalui metode survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ditentukan menggunakan rumus Bernoulli, menghasilkan total 68 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara event marketing sebagai variabel independen dengan keputusan menonton sebagai variabel dependen, dengan nilai korelasi sebesar 0,814. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai t-hitung sebesar 11,364 lebih besar daripada t-tabel sebesar 1,667, dengan tingkat signifikansi 0,000 (kurang dari 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa event marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan untuk menonton. Kata kunci: Java Jazz on The Move, Event Marketing, Keputusan Menonton, Entertaiment, Excitement, Enterpise, AISAS

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 25 021
NIM/NIDN Creators: 44321010028
Uncontrolled Keywords: Java Jazz on The Move, Event Marketing, Keputusan Menonton, Entertaiment, Excitement, Enterpise, AISAS
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 780.1-780.9 Standard Subdivisions of Music/Subdivisi Standar Dari Seni Musik > 780.6 Management of Music/Manajemen Musik
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 781 General Principles of Music and Musical Form/Prinsip-prinsip Umum Musik dan Bentuk-bentuk Musikal > 781.6 Traditions of Music/Tradisi-tradisi Musik > 781.65 Jazz Music/Musik Jazz
900 Geography and History/Sejarah, Geografi dan Disiplin Ilmu yang Berkaitan > 900. Geography and History/Sejarah, Geografi dan Disiplin Ilmu yang Berkaitan > 904 Adventure, Collected Accounts of Events/Petualangan, Kumpulan Peristiwa Tertentu > 904.7 Events Induced by Human Activity/Acara yang Diselenggarakan Manusia
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 25 Feb 2025 03:25
Last Modified: 25 Feb 2025 03:25
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94406

Actions (login required)

View Item View Item