PENGARUH TERPAAN TAYANGAN KOMEDI DALAM VIDEO YOUTUBE FADIL JAIDI "SYAHURRRR" TERHADAP KEPUASAN PENONTON (SURVEY PADA SUBSCRIBERS AKUN YOUTUBE FADIL JAIDI 2024)

KAMILA, PUTRI KHANSA (2025) PENGARUH TERPAAN TAYANGAN KOMEDI DALAM VIDEO YOUTUBE FADIL JAIDI "SYAHURRRR" TERHADAP KEPUASAN PENONTON (SURVEY PADA SUBSCRIBERS AKUN YOUTUBE FADIL JAIDI 2024). S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.

[img]
Preview
Text (COVER)
01 COVER.pdf

Download (623kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text (BAB 2)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text (BAB 3)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text (BAB 4)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[img] Text (BAB 5)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang pesat telah memunculkan berbagai bentuk media baru, termasuk media sosial seperti Youtube, yang memungkinkan partisipasi aktif pengguna dalam berbagi dan menciptakan konten. YouTube menawarkan berbagai tayangan audio visual menarik, di mana pengguna dapat mengklik timeline kapan saja sesuai keinginan mereka. Platform ini memungkinkan semua orang untuk menjadi YouTuber, termasuk para influencer komedi seperti Fadil Jaidi. Fadil merilis konten khusus bulan puasa pada waktu sahur, yang berhasil memecah suasana mengantuk saat sahur dengan hiburan yang menarik perhatian lebih banyak penonton, dan diterima oleh banyak viewer. Media audiovisual, seperti YouTube, menggabungkan elemen visual dan audio yang saling mendukung untuk menciptakan pengalaman yang menarik bagi penonton. Elemen ini memungkinkan penyampaian pesan yang lebih efektif, meningkatkan perhatian, dan memicu respons emosional yang positif. Dalam penelitian ini, terpaan tayangan komedi pada YouTube tidak hanya bertujuan sebagai hiburan, tetapi juga sebagai bentuk media yang mampu memberikan kepuasan kepada penonton melalui penyampaian visual dan audio yang mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh terpaan tayangan komedi dalam video YouTube Fadil Jaidi "Syahurrrr" terhadap kepuasan Penonton. Teori yang digunakan adalah Teori Stimulus-Respond (S- R), Terpaan, Kepuasan, Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan Paradigma Positivisme.Populasi dan Sampel merupakan Subscriber Youtube Fadil Jaidi. Teknik Pengambilan sampel non-probability sampling melalui metode purposive sampling dengan jumlah 400 responden. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji rehalibilitas, koefisiem korelasi, analisis regresi linear sederhana, uji parsial (Uji T) dengan menggunakan software SPSS Versi 26. hasil penelitian yang diolah dari kuesioner yang disebarkan kepada 400 responden subscriber akun YouTube Fadil Jaidi, diperoleh angka korelasi antara variabel X (Terpaan Tayangan Komedi) dengan variabel Y (Kepuasan Penonton) sebesar 0.911 dan pengaruh terpaan tayangan komedi dalam video YouTube Fadil Jaidi "Syahurrrr" terhadap kepuasan Penonton, yaitu sebesar 0.830 menunjukkan bahwa sebesar 83% variasi dalam variabel dependen Kepuasan dapat dijelaskan oleh variabel independen Terpaan. Sementara itu, sisanya sebesar 17% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44121010047
Uncontrolled Keywords: Terpaan, Kepuasan penonton, Teori stimulus-respons
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.6 Computer Graphics/Komputer Grafis, Grafika Komputer > 006.69 Special Topics in Computer Graphics/Topik Khusus dalam Grafik Komputer > 006.696 Digital Video/Video Digital
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 515 Analysis, Theory of Functions/Analisis, Teori Fungsi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Rifky
Date Deposited: 15 Feb 2025 06:03
Last Modified: 15 Feb 2025 06:03
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94264

Actions (login required)

View Item View Item