PERANCANGAN VISUAL BRANDING UMKM ABANG JAGO JURAGAN SATE

RAHARJO, ILHAM TRI (2025) PERANCANGAN VISUAL BRANDING UMKM ABANG JAGO JURAGAN SATE. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)

Abstract

Brand identity in a Micro, Small and Medium Enterprise (MSME) is a crucial element that influences public perception. With the number of culinary connoisseurs increasing over time, many individuals are taking advantage of this opportunity to build businesses. This research aims to design a brand identity that is able to strengthen the shop's image in the eyes of the target audience through a logo design that represents the identity and characteristics of Abang Jago Juragan Sate. The method used in designing brand identity involves several stages of a systematic design process. The stage begins with initial research to identify the problem, followed by collecting relevant data. Next, the concept and theme of the work is developed, including making rough sketches and visual elements such as logos, colors, typography and supergraphics. After the sketch is selected, the digitization process is carried out to produce a comprehensive design, which is then implemented on various supporting media. The results of this design show that a well-designed visual identity has a significant role in shaping the target audience's positive perception of the Abang Jago Juragan Sate brand and strengthening the brand image in the market Identitas merek pada sebuah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan elemen krusial yang berpengaruh terhadap persepsi masyarakat. Dengan meningkatnya jumlah penikmat kuliner dari waktu ke waktu, banyak individu memanfaatkan peluang ini untuk membangun usaha. Penelitian ini bertujuan merancang identitas merek yang mampu memperkuat citra UMKM di mata target audiens melalui desain logo yang merepresentasikan identitas dan ciri khas Abang Jago Juragan Sate. Metode yang digunakan dalam perancangan identitas merek ini melibatkan beberapa tahap proses desain yang sistematis. Tahapan dimulai dengan penelitian awal untuk mengidentifikasi permasalahan, diikuti dengan pengumpulan data yang relevan. Selanjutnya, dilakukan pengembangan konsep dan tema karya, termasuk pembuatan sketsa kasar dan elemen visual seperti logo, warna, tipografi, serta supergrafis. Setelah sketsa dipilih, proses digitalisasi dilakukan untuk menghasilkan desain yang komprehensif, yang kemudian diimplementasikan pada berbagai media pendukung. Hasil perancangan ini menunjukkan bahwa identitas visual yang dirancang dengan baik memiliki peran signifikan dalam membentuk persepsi positif target audiens terhadap merek Abang Jago Juragan Sate serta memperkuat citra merek di pasar.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FDSK/DKV. 25 016
NIM/NIDN Creators: 42320010012
Uncontrolled Keywords: PERANCANGAN VISUAL BRANDING UMKM ABANG JAGO JURAGAN SATE
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 152 Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives/Psikologi Fisiologis > 152.1 Sensory Perception/Persepsi Indera > 152.14 Visual Perception/Persepsi Visual
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.02 Management of Enterprises of Specific Sizes and Scopes/Pengelolaan Usaha dengan Ukuran dan Lingkup Tertentu > 658.022 Small Enterprises/Usaha Kecil
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.04 Management of Enterprises of Specific Forms/Pengelolaan Usaha dengan Bentuk Tertentu > 658.044 Unincorporated Business Enterprises/Badan Usaha Bukan Usaha
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 08 Feb 2025 05:54
Last Modified: 08 Feb 2025 05:54
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94023

Actions (login required)

View Item View Item