PENGARUH KOHESIVITAS KELOMPOK TERHADAP KINERJA TIM GAME ONLINE MOBILE LEGENDS: BANG BANG ( Survei Terhadap Grup Whatsapp Estelle Game Online Mobile Legends: BANG BANG )

SAPUTRA, RIEZKY RAMADHIAN RINBI (2025) PENGARUH KOHESIVITAS KELOMPOK TERHADAP KINERJA TIM GAME ONLINE MOBILE LEGENDS: BANG BANG ( Survei Terhadap Grup Whatsapp Estelle Game Online Mobile Legends: BANG BANG ). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (498kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

This research aims to investigate the effect of group cohesiveness on team performance in the online game Mobile Legends: Bang Bang. The main focus of this research is to analyze how the level of cohesiveness possessed by members of the Estelle WhatsApp group can influence their team's performance in winning matches. The variable that is the object of research involves Group Cohesiveness (X), which is defined as the level of attachment and solidarity between group members which influences interaction and collaboration in achieving common goals. In addition, Team Performance (Y) is defined as the results achieved by the team in completing tasks and achieving predetermined goals, which are influenced by various factors, including group dynamics and the effectiveness of communication between members. The methodology used was total sampling involving 92 respondents as research samples. Data was collected through distributing questionnaires and analyzed using the IBM SPSS 30 application. The results of the analysis showed a regression coefficient of 0.600, which means that every 0.6% increase in group cohesiveness value will contribute to an increase in team performance of 0.600. In addition, the correlation coefficient (R) value obtained was 0.590, indicating a moderate relationship between the group cohesiveness variable (X) and team performance (Y). The R Square (R²) value of 0.349 indicates that 34.9% of the variation in team performance can be explained by group cohesiveness, while 64.1% is influenced by other factors. These findings confirm that group cohesiveness has a significant positive influence on team performance, which shows that the better the cohesiveness in a group, the better the performance produced by the team. Keywords: Group Cohesiveness, Team Performance, Online Games, Mobile Legends: Bang Bang Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana pengaruh kohesivitas kelompok terhadap kinerja tim dalam permainan online Mobile Legends: Bang Bang. Fokus utama dari penelitian ini adalah menganalisis bagaimana tingkat kohesivitas yang dimiliki oleh anggota grup WhatsApp Estelle dapat memengaruhi kinerja tim mereka dalam memenangkan pertandingan. Variabel yang menjadi objek penelitian melibatkan Kohesivitas Kelompok (X), yang diartikan sebagai tingkat keterikatan dan solidaritas antar anggota kelompok yang mempengaruhi interaksi dan kolaborasi dalam mencapai tujuan bersama. Selain itu, Kinerja Tim (Y) diartikan sebagai hasil yang dicapai oleh tim dalam menyelesaikan tugas dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan, yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk dinamika kelompok dan efektivitas komunikasi antar anggota. Metodologi yang digunakan adalah total sampling dengan melibatkan 92 responden sebagai sampel penelitian. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dan dianalisis menggunakan aplikasi IBM SPSS 30. Hasil analisis menunjukkan koefisien regresi sebesar 0,600, yang berarti setiap peningkatan 0,6% dalam nilai kohesivitas kelompok akan berkontribusi pada peningkatan kinerja tim sebesar 0,600. Selain itu, nilai koefisien korelasi (R) yang diperoleh adalah 0,557, mengindikasikan adanya hubungan sedang antara variabel kohesivitas kelompok (X) dan kinerja tim (Y). Nilai R Square (R²) sebesar 0,349 menunjukkan bahwa 34,9% variasi dalam kinerja tim dapat dijelaskan oleh kohesivitas kelompok, sementara 64,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Temuan ini menegaskan bahwa kohesivitas kelompok memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja tim, yang menunjukkan bahwa semakin baik kekompakan dalam sebuah kelompok, semakin baik pula kinerja yang dihasilkan oleh tim. Kata Kunci: Kohesivitas Kelompok, Kinerja Tim, Game Online, Mobile Legends:Bang Bang

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 25 043
NIM/NIDN Creators: 44221010032
Uncontrolled Keywords: Kohesivitas Kelompok, Kinerja Tim, Game Online, Mobile Legends:Bang Bang
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.4 Journalism/Jurnalisme, Jurnalistik, Pers > 070.48 Journalism Directed to Special Groups/Jurnalistik Disutradarai oleh Kelompok Khusus > 070.486 Occupational and Employee Groups/Kelompok Kerja dan Karyawan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 793 Indoor Game and Amusements/Permainan dalam Ruangan, Hiburan dalam Ruangan > 793.9 Other Indoor Diversions/Hiburan dalam Ruangan Lainnya > 793.92 Battle Games/Game Pertempuran
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 06 Feb 2025 04:08
Last Modified: 06 Feb 2025 04:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/93963

Actions (login required)

View Item View Item