PEMAKNAAN CITRA DIRI INFLUENCER RANIA YAMIN DALAM MENGGUNAKAN KEBAYA KONTEMPORER SEBAGAI PAKAIAN SEHARI-HARI MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK @RANIAAYAMIN

HAKIM, KHAIRUNISA (2025) PEMAKNAAN CITRA DIRI INFLUENCER RANIA YAMIN DALAM MENGGUNAKAN KEBAYA KONTEMPORER SEBAGAI PAKAIAN SEHARI-HARI MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK @RANIAAYAMIN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)

Abstract

This research aims to identify the meaning of influencer Rania Yamin's selfimage in using contemporary kebaya as daily clothing through the social media TikTok @raniaayamin. The focus of this research is how Rania Yamin's self-image as an influencer uses contemporary kebaya as daily clothing through the signs on her TikTok social media. This research applies the concept of verbal and non-verbal communication which is analyzed using Charles Sanders Peirce's semiotics, which is categorized based on the triadic model and trichotomy components. By categorizing self-image into five dimensions based on psychology, namely physical, intellectual, skills, moral and sexual. This research uses a qualitative approach with a constructivism paradigm and Charles Sanders Peirce's semiotic analysis research method. The unit of analysis for this research is @raniaayamin's TikTok content. The data analysis technique is based on the meaning triangle and trichotomy components. The validity of the data uses triangulation of sources, methods and theories. The results of this research show that the TikTok video content @raniaayamin brings out the meaning of Rania Yamin's self-image through the use of contemporary kebaya as everyday clothing, which reflects a strong self-image from various aspects of life starting from cultural awareness, clothing aesthetics, adaptive skills, appreciation of local values , and expression of femininity. Keywords: Self-Image, Influencer, Semiotics Peirce, Contemporary Kebaya, Tiktok Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan pemaknaan citra diri influencer Rania Yamin dalam menggunakan kebaya kontemporer sebagai pakaian sehari-hari melalui media sosial TikTok @raniaayamin. Fokus penelitian ini adalah bagaimana pemaknaan citra diri Rania Yamin sebagai influencer dalam menggunakan kebaya kontemporer sebagai pakaian sehari-hari melalui tanda-tanda yang terdapat pada media sosial TikToknya. Penelitian ini menerapkan konsep komunikasi verbal dan non-verbal yang dianalisis menggunakan semiotika Charles Sanders Peirce, yang dikategorikan berdasarkan model triadic dan komponen trikotomi. Dengan mengkategorikan ke dalam lima dimensi citra diri berdasarkan psikologis yaitu fisik, intelektual, keterampilan, moral dan seksual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivisme dan metode penelitian analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Unit analisis penelitian ini adalah konten TikTok @raniaayamin. Teknik analisis data berdasarkan pada segitiga makna dan komponen trikotomi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, metode, dan teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konten video TikTok @raniaayamin memunculkan makna citra diri Rania Yamin melalui penggunaan kebaya kontemporer sebagai pakaian sehari-hari, yang mencerminkan citra diri yang kuat dari berbagai aspek kehidupan mulai dari kesadaran budaya, estetika berpakaian, keterampilan adaptif, apresiasi nilai lokal, dan ekspresi feminitas. Kata Kunci: Citra Diri, Influencer, Semiotika Peirce, Kebaya Kontemporer, TikTok

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 25 041
NIM/NIDN Creators: 44221010145
Uncontrolled Keywords: Citra Diri, Influencer, Semiotika Peirce, Kebaya Kontemporer, TikTok
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
600 Technology/Teknologi > 640 Home Economic and Family Living Management/Kesejahteraan Rumah Tangga dan Manajemen Kehidupan Keluarga > 646 Sewing Materials and Equipment, Clothing, Management of Personal and Family Life/Mesin Jahit dan Perlengkapan Menjahit, Pakaian, Management Pribadi dan Keluarga > 646.3 Clothing/Pakaian, Tata Busana, Mode Busana, Fashion
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 680 Manufacture For Specific Uses/Industri Pembuatan produk untuk penggunaan tertentu > 687 Clothing and Accessories/Produksi Pakaian dan Produksi Asesoris Pakaian > 687.1 Specific Kinds of Garments/Jenis Pakaian Tertentu
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 05 Feb 2025 05:39
Last Modified: 05 Feb 2025 05:39
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/93926

Actions (login required)

View Item View Item