STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF SANGGAR "KEMBALIKAN BALIKU" DI JAKARTA DALAM MENARIK MINAT GENERASI MUDA UNTUK MELESTARIKAN KESENIAN TARI BALI PELIATAN

SAVITRI, GUSTI AYU PUTU DEVY (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF SANGGAR "KEMBALIKAN BALIKU" DI JAKARTA DALAM MENARIK MINAT GENERASI MUDA UNTUK MELESTARIKAN KESENIAN TARI BALI PELIATAN. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (739kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB)

Abstract

nger generation in preserving the Balinese Peliatan dance art and also to find out the obstacles faced when carrying out persuasive communication strategies. This research is descriptive qualitative in nature. The data collection methods used were observation, interviews and documentation. Data analysis techniques were carried out using the Miles and Huberman model. This research uses the persuasive communication strategy theory of Melvin L. DeFleur and Sandra J. Ball-Rokeach. Sanggar “Kembalikan Baliku” determines the target audience, namely the young generation of the nation's future, then composes the message as attractively as possible, determines the method by carrying out several aspects which include channelizing, educative, informative and also persuasive. As well as choosing media to disseminate information, namely by using social media such as Instagram, YouTube and also performing arts activities in public spaces. However, in carrying out persuasive communication strategies there are several communication barriers from a social-anthro-psychological, semantic and ecological perspective. Keywords: persuasive communication strategy, art studio, interest, young generation, Peliatan dance. Sanggar “Kembalikan Baliku” di Jakarta didirikan untuk mempertahankan, melestarikan dan mengembangkan kesenian daerah Bali khususnya tari Bali Peliatan di era globalisasi ini kepada generasi muda. Namun generasi muda sering menganggap sebagai hal yang kaku, kuno, tidak ngetrend. Hal ini menyebabkan banyaknya generasi muda yang tidak tertarik atau sekedar ingin tahu. Dengan menggunakan strategi komunikasi persuasif, proses penyampaian persuader cukup berhasil menarik minat generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi persuasif dalam menarik minat generasi muda untuk melestarikan kesenian tari Bali Peliatan dan juga mengetahui hambatan yang dihadapi saat melakukan strategi komunikasi persuasif. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Pada penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi persuasif Melvin L. DeFleur dan Sandra J. Ball-Rokeach. Sanggar Kembalikan Baliku menetapkan target khalayak yaitu generasi muda penerus bangsa, kemudian menyusun pesan dengan semenarik mungkin, menentukan metode dengan menjalankan beberapa aspek yang meliputi canalizing, edukatif, informatif dan juga persuasif. Serta pemilihan media untuk menyebarkan informasi yaitu dengan menggunakan media sosial seperti instagram, youtube dan juga kegiatan pentas seni di ruang publik. Namun dalam melakukan strategi komunikasi persuasif terdapat beberapa hambatan komunikasi dari segi sosialantro-psikolog, semantik, dan juga ekologi. Kata Kunci: strategi komunikasi persuasif, sanggar seni, minat, generasi muda, tari Peliatan.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CD/552. 25 002
NIM/NIDN Creators: 55221110010
Uncontrolled Keywords: strategi komunikasi persuasif, sanggar seni, minat, generasi muda, tari Peliatan.
Subjects: 200 Religion/Agama > 290 Other Religions/Agama Selain Kristen > 297 Agama Islam/Islam > 297.6 Sociology of Islam/Sosiologi Islam > 297.63 Culture and Islamic Civilization/Kebudayaan dan Peradaban Islam > 297.631 Art/Kesenian > 297.6312 Dance Arts/Seni Tari
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur > 794.12 Strategy and Tactics/Strategi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 21 Jan 2025 02:00
Last Modified: 21 Jan 2025 02:00
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/93652

Actions (login required)

View Item View Item