ANDRIA, MUTIARA SYAFA (2024) PENGARUH INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE MOBILE LEGENDS TERHADAP KEMAMPUAN BERINTERAKSI DENGAN BAHASA INGGRIS PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS MERCU BUANA JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf Download (839kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
||
Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
||
Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
||
Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) |
||
Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
The objective of this research is to find out whether or not there is an effect of online game “Mobile Legends” intensity (X) on the English interaction ability (Y) of students of Faculty of Communication Science Mercu Buana University Jakarta. Online game Mobile Legends is one of the smartphone games which has many players since it was released, 2016. Mobile Legends become one of favorite games of many people around the world, including Indonesia, in which this online game provide some features for switching languages, from Indonesian, English, Arabic, until Japan. The excistence of this feature enable many players to understand every sentence in the Main Menu throughout In-game time. This research used quantitative method positivism paradigm. The population is all students from English Communication 1 class odd semester 2023/2024 and English Communication 2 class even semester 2023/2024 who play online game Mobile Legends. Data collection technique using questionaires, and data analysis technique using simple linier regression with SPSS application version 25. Sampling technique using purposive random sampling by using Slovin formula with 100 sample in total. From data analysis result is gained the calculation of t-test as 4,379 > from t-table as 1,6602. So it can be stated that hypothesis H0 is rejected and H1 is accepted. We conclude that there is a posititve effect of the intensity of playing online game Mobile Legends on English interaction ability of students of Faculty of Communication Science Mercu Buana University Jakarta. Keywords : Online game, Mobile Legends, Playing Intensity, Interacion Ability. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari Intensitas Bermain Game Online (X) terhadap Kemampuan Berinteraksi dalam Bahasa Inggris (Y). Game Mobile Legends merupakan salah satu permainan smartphone yang banyak digemari sejak tahun rilisnya, yaitu 2016. Mobile Legends menjadi game online yang diminati banyak masyarakat dari berbagai negara, termasuk Indonesia, di mana game online ini menyediakan fitur berupa perubahan bahasa, mulai dari bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Arab, hingga bahasa Jepang. Adanya fitur ini tentu memudahkan pemain game tersebut untuk memahami setiap kalimat yang berada di halaman utama hingga selama permainan (In-Game) berlangsung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif paradigma positivisme. Populasi pada penelitian ini merupakan seluruh mahasiswa English for Communication 1 pada semester ganjil 2023/2024 dan English for Communication 2 pada semester genap 2023/2024 yang menggemari game online Mobile Legends. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan Teknik analisis data menggunakan analisis Regresi Linier Sederhana. Pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling dengan rumus Slovin dengan jumlah sampel 100 orang.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear sederhana dengan bantuan Aplikasi SPSS versi 25. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan dengan hasil hasil uji t yang menunjukkan bahwa t hitung 4,379, yaitu > dari pada t table 1,6602. Sehingga dapat dinyatakan hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dari intensitas bermain game online Mobil Legends terhadap kemampuan berinteraksi dalam bahasa Inggris pada mahasiswa Universitas Mercu Buana Jakarta Fakultas Ilmu Komunikasi. Kata Kunci : Game online, Mobile Legends, Intensitas Bermain, Kemampuan Berinteraksi.
Actions (login required)
View Item |