ANALISA KEPUASAN PELANGGAN UNTUK PENGGUNAAN LUBRICANTS OIL DI PERTAMINA MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA

HIDAYANTO, WAHYU (2016) ANALISA KEPUASAN PELANGGAN UNTUK PENGGUNAAN LUBRICANTS OIL DI PERTAMINA MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text (BAB 2)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text (BAB 3)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text (BAB 4)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text (BAB 5)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img]
Preview
Text (BAB 6)
8. BAB VI.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
9. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan. Penelitian ini mempunyai tiga tujuan utama. Pertama, bertujuan untuk mengetahui tingkat loyalitas konsumen. Kedua, Untuk mengetahui karakterisasi konsumen. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriktif kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi diikuti data primer, sekunder dan tersier yang dilakukan pengukuran melalui hasil penilaian dan penetapan melalui kuisioner dan juga pendekatan secara sistematik untuk mendapatkan kesimpulan analisa yang diharapkan.Deskriktif kualitatif merupakan teknik dengan cara mengumpulkan data melalui observasi menggunakan kuisioner mengenai data yang terkait dengan Loyalitas Customer. Subyek penelitian ini adalah Harga Pokok Produksi sebagai acuan dasar serta loyalitas konsumen sebagai hasil observasi. Obyek penelitian ini adalah data-data yang berhubungan dengan Loyalitas Customer.Loyalitas Customer terhadap 3 Produk unggulan PT. Pertamina Lubricants Oil dengan karakterisasi produk Pertama, Enduro Matic SAE 10W-30 JASO MB/API SJ Kedua, Enduro 4T Racing SAE 10W-40 JASO MA2/API SJ, dan Ketiga, Enduro 4T SAE 20W-50 JASO MA/API SJ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Loyalitas Customer yang dilakukan terhadap 3 produk tersebut merupakan tingkat kepuasan pelanggan dan juga loyalitas merk terhadap masing-masing produk. Untuk meningkatkan kualitas mutu yang terdapat dalam produk dan juga meningkatkan performansi sebagai nilai tambah dalam pangsa pasar dan daya saing serta daya tarik tersendiri maka dari itu dilakukan analisis pemetaan produk. Observasi yang dilakukan berdasarkan teknik pengambilan contoh untuk melihat keberterimaan pelanggan. Dari keterkaitan tersebut didapatkan beberapa fase yang menentukan naik atau turunnya daya saing dan daya tarik produk. Fase tersebut menjadi 10 bagian yaitu investasi maksimal untuk meningkatkan pertumbuhan, investasi selektif untuk meningkatkan daya saing, spesifikasi produk yang relevan, segmentasi pangsa pasar, Identifikasi pertumbuhan dengan segera, spesialisasi produk untuk meningkatkan daya saing, pertimbangan untuk dimensi, investasi pada tigkat pemeliharaan, efisiensi dan meminimalkan investasi dan divertasi untuk mendapatkan cashflow. Dalam penerapannya juga bias memberikan pengaruh penting dalam penggunaan khususnya lubricants oil yang sesuai antara karakterisasi jenis kendaraan atau instrumentasi yang bertujuan untuk karakterisasi berdasarkan umur dan mata pencaharian serta penilaian dalam tingkat kepuasan pelanggan dan juga keberterimaan yang cukup.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41613310098
Uncontrolled Keywords: Loyalitas Konsumen, Karakteristik Konsumen, Pemetaan Produk, Harga Pokok Produksi, Segmentasi Pasar, Efisiensi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 027 General Libraries, General Archives, Information Centers Devoted to General Subjects and Disciplines/Perpustakaan, Kearsipan, Pusat Informasi untuk Disiplin Ilmu secara Umum > 027.6 Libraries for Special Groups and Organizations/Perpustakaan untuk Kelompok atau Organisasi Tertentu > 027.69 Libraries for Business and Industrial Organizatios/Perpustakaan untuk Organisasi Bisnis dan Industri
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 322 Relation of The State of Organized Groups/Hubungan Negara dengan Kelompok Sosial yang Terorganisir > 322.3 Business and Industry/Bisnis dan Industri
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 338 Production, Industrial Economics/Produksi, Ekonomi Industri > 338.3 Other Extractive Industries/Ekonomi Industri Lainnya
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 350 Public Administration and Military Science/Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran > 354 Administration of Economy/Departemen Perekonomian > 354.4 Administration of Energy and Energy-Related Industries/Administrasi Industri Energi dan Energi
600 Technology/Teknologi > 660 Chemical Engineering and Related Technologies/Teknologi Kimia dan Ilmu yang Berkaitan > 665 Technology of Industrial Oils, Fats, Waxes, Gases/Teknologi Industri Minyak > 665.4 Technology of Industrial Mineral Oils/Teknologi Industri Minyak Mineral
Divisions: Pascasarjana > Magister Teknik Industri
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 16 Nov 2024 08:17
Last Modified: 16 Nov 2024 08:17
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/92846

Actions (login required)

View Item View Item