PENERAPAN METODE TARGET COSTING DALAM PENETAPAN HARGA JUAL (Studi Kasus Pada PT. X di Jakarta)

FEBIATIK, MIRANI (2021) PENERAPAN METODE TARGET COSTING DALAM PENETAPAN HARGA JUAL (Studi Kasus Pada PT. X di Jakarta). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
43216310006 - Mirani Febiatik - 01 Cover - Mirani Febiatik.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
43216310006 - Mirani Febiatik - 02 Bab 1 - Mirani Febiatik.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text (BAB II)
43216310006 - Mirani Febiatik - 03 Bab 2 - Mirani Febiatik.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text (BAB III)
43216310006 - Mirani Febiatik - 04 Bab 3 - Mirani Febiatik.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text (BAB IV)
43216310006 - Mirani Febiatik - 05 Bab 4 - Mirani Febiatik.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text (BAB V)
43216310006 - Mirani Febiatik - 06 Bab 5 - Mirani Febiatik.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
43216310006 - Mirani Febiatik - 08 daftar pustaka - Mirani Febiatik.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
43216310006 - Mirani Febiatik - 09 Lampiran - Mirani Febiatik.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)

Abstract

Target costing is a process of cost management and profit planning that systematically and effective when applied of the planning stage. This research to apply the target costing method which is used as a tool to determine the selling price. The data used is primary data and secondary data with data analysis methode includes the calculation of the cost of production and implementation of target costing. Result od the analysis can be conclude that the target costing can be applied to PT X for determine the selling prices of its products. Target Costing at PT X can be reached with value engineering by replacing cheaper raw materials and improved accounting system. By perfoming value engineering the company can reduce the cost of production to Rp. 5.060.750. with the change in the system to determine the selling price, PT X was able to reduce the selling price from Rp. 14.916.000 to Rp. 6.330.000 for once production baby basket Keywords : Selling Price, Target Costing Target Costing merupakan suatu proses manajemen biaya dan perencanaan keuntungan yang dilakukan secara sistematis dan efektif bila diterapkan pada tahap perencanaan. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode target costing yang digunakan serbagai alat untuk menentukan harga jual. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan metode analisis data meliputi perhitungan biaya produksi dan penerapan target costing. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa target costing dapat diterapkan di PT X untuk menentukan harga jual produknya. Target Costing pada PT X dapat dicapai melalui value engineering (rekayasa nilai) dengan cara mengganti bahan baku yang lebih murah, dan perbaikan sistem akuntansi. Dengan melakukan value engineering tersebut perusahaan dapat menekan biaya produksinya dari Rp. menjadi Rp. 5.060.750. Dengan adanya perubahan sistem untuk menentukan harga jual maka PT X dapat menurunkan harga jual dari Rp. 14.916.000 menjadi Rp. 6.330.000 untuk 1 produk baby basket. Kata kunci : Harga Jual, Target Costing

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 43216310006
Uncontrolled Keywords: Harga Jual, Target Costing
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.3 Personnel Management/Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.6 Quality Management/Manajemen Kualitas
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.7 Management of Supplies/Manajemen Persediaan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 05 Nov 2024 04:41
Last Modified: 05 Nov 2024 06:52
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/92750

Actions (login required)

View Item View Item