STRATEGI KOMUNIKASI RUANGGURU DALAM MENINGKATKAN AWARENESS DAN ENGAGEMENT SISWASMA MELALUI INSTAGRAM PADA #RUANGGURUSTUDYTOUR

NAPIUN, MUHAMMAD DAFFA NOVRIANDRA (2024) STRATEGI KOMUNIKASI RUANGGURU DALAM MENINGKATKAN AWARENESS DAN ENGAGEMENT SISWASMA MELALUI INSTAGRAM PADA #RUANGGURUSTUDYTOUR. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.

[img]
Preview
Text (COVER)
44219210014 - Muhammad Daffa Novriandra Napiun - 01 Cover.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
44219210014 - Muhammad Daffa Novriandra Napiun - 02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text (BAB 2)
44219210014 - Muhammad Daffa Novriandra Napiun - 03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text (BAB 3)
44219210014 - Muhammad Daffa Novriandra Napiun - 04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text (BAB 4)
44219210014 - Muhammad Daffa Novriandra Napiun - 05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[img] Text (BAB 5)
44219210014 - Muhammad Daffa Novriandra Napiun - 06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text (DAFTAR PUSAKA)
44219210014 - Muhammad Daffa Novriandra Napiun - 07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
44219210014 - Muhammad Daffa Novriandra Napiun - 08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi komunikasi yang diterapkan oleh Ruangguru dalam meningkatkan awareness dan engagement siswa SMA melalui platform Instagram pada program #RuangguruStudyTour. Dengan pemilihan program yang strategis bagi @Ruangguru dalam meningkatkan awareness dan engagement. #RuangguruStudyTour dirancang untuk memperkenalkan siswa SMA pada berbagai informasi mengenai perguruan tinggi, termasuk pilihan kampus, lingkungan akademis dan berbagai program studi yang tersedia. Penelitian ini menggunakan konsep Corporate Communications, Public Relations, Manajemen Reputasi, Sosial Media Instagram. Dengan pendekatan kualitatif, metode deskriptif kualitatif dan paradigma Post Positivisme. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan studi pustaka. Teknik analisis meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan triangulasi teknik untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ruangguru menerapkan strategi komunikasi dengan empat tahapan utama, yaitu fact finding, planning, communicating, dan evaluating. Pada tahap fact finding, Ruangguru melakukan analisis situasi untuk memahami persepsi masyarakat terhadap program. Tahap planning melibatkan perencanaan strategi konten yang kreatif dan penentuan platform sosial media, khususnya Instagram. Pada tahap communicating, Ruangguru memanfaatkan Key Opinion Leaders (KOL) untuk meningkatkan interaksi dan keterlibatan audiens melalui konten visual yang diposting secara real time. Evaluasi akhir menunjukkan bahwa program #RuangguruStudyTour secara signifikan berhasil meningkatkan kesadaran dan keterlibatan siswa SMA terhadap Ruangguru sebagai platform edutech terkemuka.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44219210014
Uncontrolled Keywords: #RuangguruStudyTour, Corporate Communications, @Ruangguru, Strategi Komunikasi, Awareness, Engagement
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.1 General Topics of Social Interaction/Topik Umum Interaksi Sosial
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur > 794.12 Strategy and Tactics/Strategi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 15 Oct 2024 08:19
Last Modified: 15 Oct 2024 08:19
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/92533

Actions (login required)

View Item View Item