ANNISA, ALTHAF (2024) KAMPANYE PUBLIC RELATIONS BUMI KARDUS DALAM MENYOSIALISASIKAN #DekorasiRamahLingkungan MELALUI INSTAGRAM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.
|
Text (COVER)
44220010237 - Althaf Annisa - 01 Cover.pdf Download (393kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
44220010237 - Althaf Annisa - 02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
||
Text (BAB 2)
44220010237 - Althaf Annisa - 03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
||
Text (BAB 3)
44220010237 - Althaf Annisa - 04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) |
||
Text (BAB 4)
44220010237 - Althaf Annisa - 05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) |
||
Text (BAB 5)
44220010237 - Althaf Annisa - 06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
||
Text (DAFTAR PUSAKA)
44220010237 - Althaf Annisa - 08 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
44220010237 - Althaf Annisa - 09 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) |
Abstract
Saat ini, Indonesia masih dihadapkan dengan permasalahan lingkungan, salah satunya adalah timbunan sampah yang belum terkelola dengan baik. Bumi Kardus adalah sebuah sosioecopreneur yang mengembangkan nilai keberlanjutan dengan memproduksi dekorasi ramah lingkungan dan menjadi wadah untuk edukasi serta kreativitas melalui pemanfaatan material kardus. Bumi Kardus menyosialisasikan kampanye public relations melalui konten-konten di Instagram nya dengan tagar #DekorasiRamahLingkungan. Penelitian ini berusaha menggambarkan proses pengelolaan kegiatan kampanye Public Relations Bumi Kardus di Instagram. Kampanye Public Relations ini melewati tahapan-tahapan model kampanye Public Relations yang dikembangkan oleh Leon Ostegaard, dimulai dari prakampanye atau identifikasi masalah, pengelolaan, dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi data primer melalui wawancara mendalam, serta data sekunder melalui observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan kampanye #DekorasiRamahLingkungan yang dilakukan oleh Bumi Kardus melalui Instagram berhasil dalam meningkatkan kesadaran, mengedukasi, dan menjadi solusi untuk permasalahan lingkungan serta pengelolaan sampah agar tidak mencemari lingkungan. Keberhasilan ini dibuktikan dengan meningkatnya minat khalayak dengan dekorasi kardus dan perubahan followers Instagram Bumi Kardus menjadi calon konsumen. Pengelolaan kegiatan kampanye Public Relations Bumi Kardus dalam menyosialisasikan #DekorasiRamahLingkungan telah sesuai dengan berbagai tahapan yang terdapat dalam model kampanye Ostegaard.
Actions (login required)
View Item |