KAMPANYE PUBLIC RELATIONS BUMI KARDUS DALAM MENYOSIALISASIKAN #DekorasiRamahLingkungan MELALUI INSTAGRAM

ANNISA, ALTHAF (2024) KAMPANYE PUBLIC RELATIONS BUMI KARDUS DALAM MENYOSIALISASIKAN #DekorasiRamahLingkungan MELALUI INSTAGRAM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.

[img]
Preview
Text (COVER)
44220010237 - Althaf Annisa - 01 Cover.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
44220010237 - Althaf Annisa - 02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text (BAB 2)
44220010237 - Althaf Annisa - 03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (BAB 3)
44220010237 - Althaf Annisa - 04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text (BAB 4)
44220010237 - Althaf Annisa - 05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[img] Text (BAB 5)
44220010237 - Althaf Annisa - 06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSAKA)
44220010237 - Althaf Annisa - 08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
44220010237 - Althaf Annisa - 09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)

Abstract

Saat ini, Indonesia masih dihadapkan dengan permasalahan lingkungan, salah satunya adalah timbunan sampah yang belum terkelola dengan baik. Bumi Kardus adalah sebuah sosioecopreneur yang mengembangkan nilai keberlanjutan dengan memproduksi dekorasi ramah lingkungan dan menjadi wadah untuk edukasi serta kreativitas melalui pemanfaatan material kardus. Bumi Kardus menyosialisasikan kampanye public relations melalui konten-konten di Instagram nya dengan tagar #DekorasiRamahLingkungan. Penelitian ini berusaha menggambarkan proses pengelolaan kegiatan kampanye Public Relations Bumi Kardus di Instagram. Kampanye Public Relations ini melewati tahapan-tahapan model kampanye Public Relations yang dikembangkan oleh Leon Ostegaard, dimulai dari prakampanye atau identifikasi masalah, pengelolaan, dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi data primer melalui wawancara mendalam, serta data sekunder melalui observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan kampanye #DekorasiRamahLingkungan yang dilakukan oleh Bumi Kardus melalui Instagram berhasil dalam meningkatkan kesadaran, mengedukasi, dan menjadi solusi untuk permasalahan lingkungan serta pengelolaan sampah agar tidak mencemari lingkungan. Keberhasilan ini dibuktikan dengan meningkatnya minat khalayak dengan dekorasi kardus dan perubahan followers Instagram Bumi Kardus menjadi calon konsumen. Pengelolaan kegiatan kampanye Public Relations Bumi Kardus dalam menyosialisasikan #DekorasiRamahLingkungan telah sesuai dengan berbagai tahapan yang terdapat dalam model kampanye Ostegaard.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44220010237
Uncontrolled Keywords: Public Relations, Sosialisasi, Media Sosial, Instagram
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 303 Social Process/Proses Sosial > 303.3 Coordination and Control/Koordinasi dan Kontrol > 303.32 Sosialization/Sosialisasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 360 Social Problems and Services/Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 363 Other Social Problems and Services/Masalah dan Layanan Sosial Lainnya > 363.7 Enviromental Problems/Permasalahan Lingkungan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 15 Oct 2024 08:15
Last Modified: 15 Oct 2024 08:15
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/92529

Actions (login required)

View Item View Item