STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MENYOSIALISASIKAN PROGRAM #BERSIHBERDAYABESTARI PADA WEBSITETRANSJAKARTA.CO.ID UNTUK MENGUBAH PERILAKU PENGGUNA TRANSJAKARTA PERIODE TAHUN 2023-2024

DAMAYANTI, FARADINA (2024) STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MENYOSIALISASIKAN PROGRAM #BERSIHBERDAYABESTARI PADA WEBSITETRANSJAKARTA.CO.ID UNTUK MENGUBAH PERILAKU PENGGUNA TRANSJAKARTA PERIODE TAHUN 2023-2024. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.

[img]
Preview
Text (COVER)
44220010266 - Faradina Damayanti - 01 Cover.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
44220010266 - Faradina Damayanti - 02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (BAB 3)
44220010266 - Faradina Damayanti - 03 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text (BAB 3)
44220010266 - Faradina Damayanti - 04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text (BAB 4)
44220010266 - Faradina Damayanti - 05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[img] Text (BAB 5)
44220010266 - Faradina Damayanti - 06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text (DAFTAR PUSAKA)
44220010266 - Faradina Damayanti - 08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
44220010266 - Faradina Damayanti - 09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)

Abstract

Pada tahun 2023 Transjakarta meluncurkan Program #BersihBerdayaBestari untuk menambah armada bus Transjakarta yang ramah lingkungan dan mendukung program pemerintah dalam mencapai Net Zero Emission, dengan fokus pada pelibatan masyarakat dan karyawan dalam upaya lingkungan, ekonomi, dan sosial. Penelitian ini menggunakan teori strategi Public Relations, yaitu fact finding, Planning, communications, dan Evaluation. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara narasumber dengan Public Relations & Corporate Social Responsibility, Pengguna dan Pramudi dari PT. Transportasi Jakarta serta dokumentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukan bahwa, PT. Transjakarta pada tahap Fact finding menemukan kendala yaitu masyarakat masih banyak yang tidak mau menggunakan transportasi umum karena kurang nyaman dari segi bus dan halte yang sudah mengalami kerusakan. Oleh karena itu, Transjakarta saat ini terus berbenah dalam memperbaiki halte dan mengeluarkan armada bus Transjakarta yang ramah lingkungan. Kemudian pada tahap Planning, Transjakarta membuat suatu perencanaan berupa program kelanjutan untuk memberikan pelayanan kepada http://digilib.mercubuana.ac.id/ vi para pengguna, hal tersebut dilakukan untuk menyelesaikan kendala yang ada. Pada tahap Communication Transjakrta melakukan aktivitas publikasi kampanye melalui poster barcode “Ayo Tanam Mangrove” di halte maupun postingan di Instagram. Terakhir pada tahap Evaluation dilakukan dengan monitoring untuk mengevaluasi pencapaian sosialisasi program Bersih Berdaya Bestari yang berhasil meningkatkan kesadaran tentang keberlanjutan dan kontribusi Transjakarta terhadap. Kesimpulan dari pengguna Transjakarta yaitu poster mengenai Program #BersihBerdayaBestari cukup efektif meskipun ada beberapa kekurangan seperti ukuran poster yang kecil dan kurang tersebar luas pada halte dan media sosial.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44220010266
Uncontrolled Keywords: Strategi Public Relations, Sosialisasi, Kampanye Public Relations, Website, PT. Transportasi Jakarta
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 650.1-650.9 Standard Subdivisions of Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Subdivisi Standar Dari Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 07 Oct 2024 06:47
Last Modified: 07 Oct 2024 06:47
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/92269

Actions (login required)

View Item View Item