DAMAYANTI, FARADINA (2024) STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MENYOSIALISASIKAN PROGRAM #BERSIHBERDAYABESTARI PADA WEBSITETRANSJAKARTA.CO.ID UNTUK MENGUBAH PERILAKU PENGGUNA TRANSJAKARTA PERIODE TAHUN 2023-2024. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.
|
Text (COVER)
44220010266 - Faradina Damayanti - 01 Cover.pdf Download (410kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
44220010266 - Faradina Damayanti - 02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
||
Text (BAB 3)
44220010266 - Faradina Damayanti - 03 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
||
Text (BAB 3)
44220010266 - Faradina Damayanti - 04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
||
Text (BAB 4)
44220010266 - Faradina Damayanti - 05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) |
||
Text (BAB 5)
44220010266 - Faradina Damayanti - 06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
||
Text (DAFTAR PUSAKA)
44220010266 - Faradina Damayanti - 08 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
44220010266 - Faradina Damayanti - 09 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (727kB) |
Abstract
Pada tahun 2023 Transjakarta meluncurkan Program #BersihBerdayaBestari untuk menambah armada bus Transjakarta yang ramah lingkungan dan mendukung program pemerintah dalam mencapai Net Zero Emission, dengan fokus pada pelibatan masyarakat dan karyawan dalam upaya lingkungan, ekonomi, dan sosial. Penelitian ini menggunakan teori strategi Public Relations, yaitu fact finding, Planning, communications, dan Evaluation. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara narasumber dengan Public Relations & Corporate Social Responsibility, Pengguna dan Pramudi dari PT. Transportasi Jakarta serta dokumentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukan bahwa, PT. Transjakarta pada tahap Fact finding menemukan kendala yaitu masyarakat masih banyak yang tidak mau menggunakan transportasi umum karena kurang nyaman dari segi bus dan halte yang sudah mengalami kerusakan. Oleh karena itu, Transjakarta saat ini terus berbenah dalam memperbaiki halte dan mengeluarkan armada bus Transjakarta yang ramah lingkungan. Kemudian pada tahap Planning, Transjakarta membuat suatu perencanaan berupa program kelanjutan untuk memberikan pelayanan kepada http://digilib.mercubuana.ac.id/ vi para pengguna, hal tersebut dilakukan untuk menyelesaikan kendala yang ada. Pada tahap Communication Transjakrta melakukan aktivitas publikasi kampanye melalui poster barcode “Ayo Tanam Mangrove” di halte maupun postingan di Instagram. Terakhir pada tahap Evaluation dilakukan dengan monitoring untuk mengevaluasi pencapaian sosialisasi program Bersih Berdaya Bestari yang berhasil meningkatkan kesadaran tentang keberlanjutan dan kontribusi Transjakarta terhadap. Kesimpulan dari pengguna Transjakarta yaitu poster mengenai Program #BersihBerdayaBestari cukup efektif meskipun ada beberapa kekurangan seperti ukuran poster yang kecil dan kurang tersebar luas pada halte dan media sosial.
Actions (login required)
View Item |