RESEPSI AUDIENS PADA PERSONAL BRANDING INDRA FRIMAWAN DALAM KANAL YOUTUBE @FREEMYWANT

FRADIKA, BILLY INDRA (2024) RESEPSI AUDIENS PADA PERSONAL BRANDING INDRA FRIMAWAN DALAM KANAL YOUTUBE @FREEMYWANT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (857kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB)

Abstract

This research is motivated by the rapid development of social media that has changed the way individuals present themselves to the public. YouTube has become one of the main platforms for sharing content and information. In this phenomenon, there is a tendency for a crisis of creativity among content creators. Many of them are trapped in the same and repetitive content formula, resulting in a lack of innovation that attracts the attention of the audience. Personal branding is an important strategy to gain recognition, support, and trust from the audience. Indra Frimawan, as a comedian with a distinctive one-liner comedy style, has succeeded in utilizing the YouTube platform to highlight his uniqueness and value. This study aims to analyze and find out the reception in depth in the audience in Indra Frimawan's personal branding through the Youtube channel @freemywant. This research uses a reception method with a qualitative approach. The research paradigm used is the constructivist paradigm. Researchers collected primary data by conducting in-depth interviews and secondary data collection through packet book media, internet media such as e-books or electronic books and website links. The research results show that Indra Frimawan's personal branding through his personal YouTube account, FreeMyWant, is well received by the audience. All informants positively interpret the personal branding that Indra Frimawan has built as an absurd comedian, has smart and critical thinking, appears as it is, and cares about the surrounding, especially about social issues. Through his personal YouTube account, Indra shares content that aims to entertain the entire community by highlighting his characteristics. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan pesat media sosial yang telah mengubah cara individu mempresentasikan diri mereka kepada publik. YouTube telah menjadi salah satu platform utama untuk berbagi konten dan informasi. Pada fenomena kali ini terlihat adanya kecenderungan krisis kreativitas di kalangan para content creator. Banyak dari mereka yang terjebak dalam formula konten yang sama dan berulang, sehingga mengakibatkan kurangnya inovasi yang menarik perhatian penonton. Personal branding menjadi strategi penting untuk mendapatkan pengakuan, dukungan, dan kepercayaan dari audiens. Indra Frimawan, sebagai seorang komika dengan gaya komedi one-liner yang khas, berhasil memanfaatkan platform YouTube untuk menonjolkan keunikan dan nilai yang ia miliki. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui penerimaan resepsi secara mendalam pada khalayak dalam personal branding Indra Frimawan melalui kanal Youtube @freemywant. Penelitian ini menggunakan metode resepsi dengan jenis pendekatan kualitatif. Paradigma penelitian yang digunakan adalah paradigma konstruktivis. Peneliti mengumpulkan data primer dengan melakukan wawancara mendalam serta pengumpulan data sekunder melalui media buku paket, media internet seperti e-book atau electronic book dan link website. Hasil penelitian menunjukkan bahwa personal branding Indra Frimawan melalui akun youtube pribadinya yaitu FreeMyWant dapat diterima secara baik oleh audiens. Seluruh informan memaknai secara positif personal branding yang telah dibangun Indra Frimawan sebagai komika yang absurd, memiliki pemikiran yang cerdas dan kritis, tampil adanya, dan peduli terhadap sekitar terutama terhadap isu sosial. Melalui akun youtube pribadinya, Indra membagikan konten yang bertujuan untuk dapat menghibur seluruh kalangan masyarakat dengan menonjolkan ciri khasnya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 24 216
NIM/NIDN Creators: 44220010211
Uncontrolled Keywords: Citra Diri, Resepsi Khalayak, YouTube
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 650.1-650.9 Standard Subdivisions of Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Subdivisi Standar Dari Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ANANDA NADIRA PUTRI
Date Deposited: 05 Oct 2024 02:48
Last Modified: 05 Oct 2024 02:48
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/92199

Actions (login required)

View Item View Item