PENGARUH KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA/I DI MAN 1 MUKOMUKO

HAURA, SALSABILA JIHAN (2024) PENGARUH KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA/I DI MAN 1 MUKOMUKO. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (457kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB)

Abstract

This quantitative research aims to investigate the influence of online gaming addiction on emotional intelligence at MAN 1 Mukomuko. This research used a sample of 167 students, sampled using probability sampling. Psychological scales used in this research were Emotional Intelligence Scale which was adapted from Camplisson & Cormican (2023) and Online Gaming Addiction Scale which was modified from Arisandy (2020). Simple regression analysis was used to test the variables. The results show that there is a significant negative affect correlation of -0.487. The coefficient of determination (R²) of 0.238 means that around 23.8% of the variance in emotional intelligence can be explained by online game addiction. Additionally, additional analyzes using t-test revealed that levels of online gaming addiction and emotional intelligence varied significantly by gender. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecanduan game online terhadap kecerdasan emosional di MAN 1 Mukomuko. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 167 siswa dengan teknik sampling berupa probability sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Alat Ukur Kecerdasan Emosional yang diadaptasi dari Camplisson & Cormican (2023) dan Alat Ukur Kecanduan Game Online yang dimodifikasi dari Arisandy (2020). Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana untuk menguji pengaruh variabel. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat korelasi pengaruh negatif yang signifikan sebesar -0,487. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,238 berarti sekitar 23,8% varian kecerdasan emosional dapat dijelaskan oleh kecanduan game online. Selain itu, analisis tambahan menggunakan uji t mengungkapkan bahwa tingkat kecerdasan emosional dan tingkat kecanduan game online bervariasi secara signifikan berdasarkan gender.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FP/PSI. 24 113
NIM/NIDN Creators: 46120010159
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, kecanduan game online, siswa madrasah aliyah
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi
600 Technology/Teknologi > 610 Medical, Medicine, and Health Sciences/Ilmu Kedokteran, Ilmu Pengobatan dan Ilmu Kesehatan > 613 Personal Health, Hygiene/Ilmu Kesehatan Umum, Kesehatan Individu, Promosi Kesehatan, Higienis Umum > 613.8 Subtance Abuse, Drug Abuse/Kecanduan dan Ketagihan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 793 Indoor Game and Amusements/Permainan dalam Ruangan, Hiburan dalam Ruangan > 793.9 Other Indoor Diversions/Hiburan dalam Ruangan Lainnya > 793.93 Fantasy Games/Game Fantasi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: ANANDA NADIRA PUTRI
Date Deposited: 27 Sep 2024 04:06
Last Modified: 27 Sep 2024 04:06
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/91867

Actions (login required)

View Item View Item