PENDAMPINGAN DAN PEMBUATAN KONTEN KREATIF DALAM MELAKUKAN PROMOSI UMKM KREASI BOGA UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

BHAMAKERTI, MUHAMMAD NIBRAS WIKSADANA (2024) PENDAMPINGAN DAN PEMBUATAN KONTEN KREATIF DALAM MELAKUKAN PROMOSI UMKM KREASI BOGA UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (441kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB VI)
07 BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB)

Abstract

Assistance for the UMKM Kreasi Boga was chosen because this business has potential in the culinary world with its soes and eclair cake products made by Mrs. Susyeni Risnayanthy. Even though Kreasi Boga products are of high quality, Kreasi Boga faces challenges in branding and promotion on social media. and Kreasi Boga is located on Jalan Kebon Jeruk No.14, RT003/015, Rawa Belong, Palmerah District, Palmerah Village, West Jakarta. The aim of this assistance is to plan and assist in creating interesting and informative creative content in increasing brand awareness of Kreasi Boga on social media, especially Instagram, through attractive promotional content and consistent brand identity. In this assistance, the author as Creative Director has the task of creating creative content on Instagram. The research method applied in this assistance is conducting direct observations and interviews with UMKM owners. These accompanying activities include brainstorming, planning, preparation and implementation, such as creating creative content, making product packaging stickers, determining the color palate for each Instagram content, creating taglines and doing photoshoots of UMKM Kreasi Boga products. The results of the assistance show that Kreasi Boga has experienced an increase in audience engagement and brand awareness on Instagram. Content becomes more attractive with consistent and informative design elements. Partners also continue to consistently use design elements and utilize creative content in promotional activities on social media, Instagram. Keywords : UMKM, Brand, Awareness, Creative, Branding Pendampingan UMKM Kreasi Boga dipilih karena usaha ini memiliki potensi dalam dunia kuliner dengan produk kue soes dan eclair yang dibuat oleh Ibu Susyeni Risnayanthy. Meskipun Produk dari Kreasi Boga memiliki kualitas tinggi, Kreasi Boga menghadapi tantangan dalam branding dan promosi di media sosial. dan Kreasi Boga terletak Jalan Kebon Jeruk No.14, RT003/015, Rawa Belong, Kecamatan Palmerah, Kelurahan Palmerah, Jakarta Barat. Tujuan dari pendampingan ini untuk melakukan perencanaan dan pendampingan pembuatan konten kreatif yang menarik dan informatif dalam meningkatkan brand awareness Kreasi Boga di media sosial, khususnya Instagram, melalui konten promosi yang menarik dan identitas merek yang konsisten. Pendampingan ini penulis sebagai Creative Director memiliki tugas pembuatan konten kreatif di Instagram. Metode penelitian yang diterapkan dalam pendampingan ini adalah melakukan observasi langsung dan wawancara dengan pemilik UMKM. Kegiatan pendampingan ini meliputi, brainstorming, perencanaan, persiapan, dan pelaksanaan, seperti pembuatan konten kreatif pembuatan stiker kemasan produk, penetapan color pallate di setiap konten Instagram, membuat tagline dan melakukan photoshoot dari produk UMKM Kreasi Boga. Hasil pendampingan menunjukan Kreasi Boga mengalami peningkatan interaksi audiens dan brand awareness di Instagram. Konten menjadi lebih menarik dengan elemen desain yang konsisten dan informatif. Mitra juga terus konsisten menggunakan unsur desain dan memanfaatkan konten kreatif dalam kegiatan promosi di media sosial, Instagram. Kata Kunci : UMKM, Brand, Awareness, Creative, Branding

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 24 046
NIM/NIDN Creators: 44320010026
Uncontrolled Keywords: UMKM, Brand, Awareness, Creative, Branding
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 010 Bibliography/Bibliografi > 011 General Bibliographies/Bibliografi Umum > 011.7 General Bibliographies of Works Having Specific Kinds of Content/Bibliografi Umum Pekerjaan yang Memiliki Jenis Konten Tertentu
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.02 Management of Enterprises of Specific Sizes and Scopes/Pengelolaan Usaha dengan Ukuran dan Lingkup Tertentu > 658.022 Small Enterprises/Usaha Kecil
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 19 Sep 2024 03:53
Last Modified: 19 Sep 2024 03:53
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/91556

Actions (login required)

View Item View Item