PENDAMPINGAN DAN PENGELOLAAN DALAM ANALISIS MEDIA SOSIAL PADA AKUN INSTAGRAM UMKM PERSAMAAN KOPI UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

KAMILAH, NAHDAH (2024) PENDAMPINGAN DAN PENGELOLAAN DALAM ANALISIS MEDIA SOSIAL PADA AKUN INSTAGRAM UMKM PERSAMAAN KOPI UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB VI)
08 BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

The internet provides meaning in digital communication, especially in the world of social media. Which is used to convey information, channel hobbies, and is currently used as promotional media, one of which is Instagram social media. Instagram social media is useful as a marketing medium, for building or improving a brand, and as a means of communicating with consumers. In managing social media, Instagram has a goal, namely to increase brand awareness of the SMEs Persamaan Kopi Instagram account by increasing engagement from uploaded posts. This activity uses a mentoring method for the Persamaan Kopi SMEs, where the implementer plans and manages social media and carries out training activities carried out offline using PowerPoint containing knowledge material on how to recognize insight features, analyze content by calculating engagement, and look for hashtags that are trending. The results of the analysis for 8 (eight) months of mentoring are carried out periodically by paying attention to engagement calculations and hashtags. And with this assistance, Instagram , @persamaankopi.jkt, got 1,926 followers, which means an increase of more than 200 followers. This account posts consistent content, so a large audience is interested because partners continue what the TAPN Implementer and Implementation Team did during the mentoring. And partners can also post content using appropriate hashtags and analyze each piece of content each week. Keywords: SMEs, Social MediaAanalysts, Instagram , Brand Awareness. Adanya internet memberikan makna di dalam komunikasi digital, terutama dalam dunia sosial media. Yang digunakan untuk menyampaikan informasi, menyalurkan hobi, dan saat ini digunakan sebagai media promosi, salah satunya media sosial Instagram. Sosial media Instagram bermanfaat untuk menjadi media pemasaran, membangun atau meningkatkan merek, dan sarana berkomunikasi untuk para konsumen. Dalam pengelolaan media sosial Instagram memiliki tujuan yaitu untuk meningkatkan brand awareness akun Instagram UMKM Persamaan Kopi dengan menaikkan engagement dari postingan yang diunggah. Dalam kegiatan ini menggunakan metode pendampingan kepada UMKM Persamaan Kopi yang dimana Pelaksana merencanakan dan mengelola sosial media serta melaksanakan kegiatan pelatihan yang dilakukan secara offline dengan menggunakan PowerPoint berisikan materi pengetahuan mengenai cara mengenal fitur insight, menganalisis konten dengan menghitung engagementnya, dan mencari hashtag yang sedang trending. Hasil analisis selama 8 (delapan) bulan pendampingan ini dilakukan secara berkala dengan memperhatikan perhitungan engagement, dan hashtag. Dan dari pendampingan ini, Instagram , @persamaankopi.jkt mendapatkan 1.926 followers, yang artinya naik 200 lebih followers. Akun ini memposting konten yang konsisten, sehingga audiens banyak yang tertarik karena Mitra melanjutkan apa yang pelaksana dan tim pelaksana TAPN lakukan selama pendampingan. Dan Mitra juga sudah dapat memposting sebuah konten menggunakan hashtag yang sesuai dan dapat menganalisis setiap konten dan setiap minggunya. Kata kunci: UMKM, Social Media Analyst, Instagram , Brand Awareness

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/KD. 24 012
Call Number: SK/45/24/006
NIM/NIDN Creators: 44520010018
Uncontrolled Keywords: UMKM, Social Media Analyst, Instagram , Brand Awareness
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.02 Management of Enterprises of Specific Sizes and Scopes/Pengelolaan Usaha dengan Ukuran dan Lingkup Tertentu > 658.022 Small Enterprises/Usaha Kecil
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.04 Management of Enterprises of Specific Forms/Pengelolaan Usaha dengan Bentuk Tertentu
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Digital
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 21 Aug 2024 07:32
Last Modified: 21 Aug 2024 07:32
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/90507

Actions (login required)

View Item View Item