KAMILAH, NAHDAH (2024) PENDAMPINGAN DAN PENGELOLAAN DALAM ANALISIS MEDIA SOSIAL PADA AKUN INSTAGRAM UMKM PERSAMAAN KOPI UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (627kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf Download (298kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
||
Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) |
||
Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) |
||
Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
||
Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text (BAB VI)
08 BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
10 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
The internet provides meaning in digital communication, especially in the world of social media. Which is used to convey information, channel hobbies, and is currently used as promotional media, one of which is Instagram social media. Instagram social media is useful as a marketing medium, for building or improving a brand, and as a means of communicating with consumers. In managing social media, Instagram has a goal, namely to increase brand awareness of the SMEs Persamaan Kopi Instagram account by increasing engagement from uploaded posts. This activity uses a mentoring method for the Persamaan Kopi SMEs, where the implementer plans and manages social media and carries out training activities carried out offline using PowerPoint containing knowledge material on how to recognize insight features, analyze content by calculating engagement, and look for hashtags that are trending. The results of the analysis for 8 (eight) months of mentoring are carried out periodically by paying attention to engagement calculations and hashtags. And with this assistance, Instagram , @persamaankopi.jkt, got 1,926 followers, which means an increase of more than 200 followers. This account posts consistent content, so a large audience is interested because partners continue what the TAPN Implementer and Implementation Team did during the mentoring. And partners can also post content using appropriate hashtags and analyze each piece of content each week. Keywords: SMEs, Social MediaAanalysts, Instagram , Brand Awareness. Adanya internet memberikan makna di dalam komunikasi digital, terutama dalam dunia sosial media. Yang digunakan untuk menyampaikan informasi, menyalurkan hobi, dan saat ini digunakan sebagai media promosi, salah satunya media sosial Instagram. Sosial media Instagram bermanfaat untuk menjadi media pemasaran, membangun atau meningkatkan merek, dan sarana berkomunikasi untuk para konsumen. Dalam pengelolaan media sosial Instagram memiliki tujuan yaitu untuk meningkatkan brand awareness akun Instagram UMKM Persamaan Kopi dengan menaikkan engagement dari postingan yang diunggah. Dalam kegiatan ini menggunakan metode pendampingan kepada UMKM Persamaan Kopi yang dimana Pelaksana merencanakan dan mengelola sosial media serta melaksanakan kegiatan pelatihan yang dilakukan secara offline dengan menggunakan PowerPoint berisikan materi pengetahuan mengenai cara mengenal fitur insight, menganalisis konten dengan menghitung engagementnya, dan mencari hashtag yang sedang trending. Hasil analisis selama 8 (delapan) bulan pendampingan ini dilakukan secara berkala dengan memperhatikan perhitungan engagement, dan hashtag. Dan dari pendampingan ini, Instagram , @persamaankopi.jkt mendapatkan 1.926 followers, yang artinya naik 200 lebih followers. Akun ini memposting konten yang konsisten, sehingga audiens banyak yang tertarik karena Mitra melanjutkan apa yang pelaksana dan tim pelaksana TAPN lakukan selama pendampingan. Dan Mitra juga sudah dapat memposting sebuah konten menggunakan hashtag yang sesuai dan dapat menganalisis setiap konten dan setiap minggunya. Kata kunci: UMKM, Social Media Analyst, Instagram , Brand Awareness
Actions (login required)
View Item |