PENDAMPINGAN DAN PENGELOLAAN DALAM PEMBUATAN KONTEN KREATIF MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA UMKM "PERSAMAAN KOPI" DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

KURNIAWAN, SEPHIA (2024) PENDAMPINGAN DAN PENGELOLAAN DALAM PEMBUATAN KONTEN KREATIF MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA UMKM "PERSAMAAN KOPI" DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB VI)
08 BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Utilizing Instagram as a communication medium is one of the advantages for MSMEs in promoting and marketing their products through Instagram social media. Instagram is a way for online business people to market or introduce their products to consumers by displaying photos or videos uploaded to their Instagram accounts. One of the MSMEs that actively carries out promotional activities on social media is MSME Persamaan Kopi. This assistance aims to increase brand awareness on the MSME Persamaan Kopi Instagram account. The method applied in this activity is assistance and training for MSME Persamaan Kopi. This is done by providing an explanation of Instagram content creation material and conducting training in creating creative content as well as making videos and taking product photos. The results of the 8 (eight) months of training and mentoring in the Final Project Care for the Country show that there is potential for sustainability from the Persamaan Kopi. This potential for sustainability is seen because the MSME Persamaan Kopi Actors are now able to create content independently on Instagram by applying the knowledge and skills that have been given during the assistance. Developments in managing Instagram social media include creating promotional content that is done creatively using the Canva design application, creating interesting captions and product photos, and creating video reels that are edited using the CapCut application. The perpetrators of the Persamaan Kopi have been able to utilize all the features available on Instagram to maximize content. Keywords: MSMEs, Instagram, Creative content, Brand awareness. Pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi menjadi salah satu keuntungan bagi pelaku UMKM dalam mempromosikan dan memasarkan produknya melalui media sosial Instagram. Melalui Instagram tersebut merupakan cara pebisnis online dalam memasarkan atau memperkenalkan produk mereka kepada konsumen dengan menampilkan foto ataupun video yang diunggah ke akun Instagram miliknya. Salah satu UMKM yang aktif melakukan kegiatan promosi di media sosial adalah UMKM Persamaan Kopi. Pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness pada akun Instagram Persamaan Kopi. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah pendampingan dan pelatihan kepada pelaku UMKM Persamaan Kopi. Dilakukan dengan memberikan pemaparan materi pembuatan konten Instagram dan melakukan pelatihan pembuatan konten kreatif serta pembuatan video dan pengambilan foto produk. Hasil selama 8 (delapan) bulan dari tahap pelatihan dan pendampingan dalam Tugas Akhir Peduli Negeri ini bahwa ada potensi keberlanjutan dari Pelaku Persamaan Kopi, potensi keberlanjutan ini dilihat karena Pelaku UMKM Persamaan Kopi kini telah mampu membuat konten secara mandiri di Instagram dengan menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah diberikan selama pendampingan. Perkembangan dalam mengelola media sosial Instagram, mulai dari pembuatan konten promosi yang dilakukan secara kreatif dengan menggunakan aplikasi desain Canva, membuat caption menarik, foto produk, dan membuat video reels yang di edit menggunakan aplikasi CapCut. Pelaku Persamaan Kopi telah mampu memanfaatkan segala fitur-fitur yang tersedia di Instagram untuk memaksimalkan konten. Kata kunci: UMKM, Instagram, Konten kreatif, Brand awareness.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/KD. 24 011
Call Number: SK/45/24/005
NIM/NIDN Creators: 44520010007
Uncontrolled Keywords: UMKM, Instagram, Konten kreatif, Brand awareness.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 010 Bibliography/Bibliografi > 011 General Bibliographies/Bibliografi Umum > 011.7 General Bibliographies of Works Having Specific Kinds of Content/Bibliografi Umum Pekerjaan yang Memiliki Jenis Konten Tertentu
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 745 Decorative Arts/Seni Dekorasi > 745.5 Handicrafts/Kerajinan Tangan, Keterampilan Tangan, Seni Terampil, Seni Kreatif
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Digital
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 21 Aug 2024 07:23
Last Modified: 21 Aug 2024 07:23
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/90503

Actions (login required)

View Item View Item