PENGARUH TERPAAN KOREAN WAVE TERHADAP PERILAKU KOMUNIKASI DI MEDIA SOSIAL "X" (Survei Pada Followers Akun Fanbase @enginafess)

ISNAINI, INDIRA WAHYU (2024) PENGARUH TERPAAN KOREAN WAVE TERHADAP PERILAKU KOMUNIKASI DI MEDIA SOSIAL "X" (Survei Pada Followers Akun Fanbase @enginafess). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

The current development of technology provides ease in communication. With the presence of social media, information can easily spread and be received. One form of information dissemination through social media is the exposure to the Korean Wave via social media platform X. The Korean Wave is the global spread of South Korean culture. One aspect of the Korean Wave that has intrigued researchers is the boy group Enhypen. In this context, social media platform X serves as a communication platform for Enhypen fans to interact, seek information, and discuss everything about Enhypen. The aim of this study is to determine whether there is an influence of the Korean Wave exposure on Communication Behavior on Social Media Platform X. The discussion on the variables of Korean Wave Exposure (X) and Communication Behavior on Social Media Platform X (Y) uses the AISAS model concept. The discussion on Korean Wave Exposure employs the dimensions of Attention, Interest, and Search. Meanwhile, the discussion on Communication Behavior on Social Media Platform X uses the dimensions of Share and Action. This research uses a quantitative approach with a positivist paradigm and a survey research method with purposive sampling technique. The population taken is the followers of the fanbase account @enginafess. The data analysis techniques used include validity and reliability tests, normality test, simple linear regression and coefficient of determination tests, F test, and hypothesis testing (T test). The results of the study show a positive and significant influence of the Korean Wave on Communication Behavior on Social Media Platform X, amounting to 20.7%, while other factors not examined in this study account for 79.3%. Keywords: AISAS Model, Korean Wave Exposure, Communication Behavior, Followers Perkembangan teknologi saat ini memberikan kemudahan dalam berkomunikasi. Dengan adanya media sosial, informasi dapat dengan mudah menyebar dan diterima. Salah satu bentuk penyebaran informasi melalui media sosial adalah adanya terpaan Korean Wave melalui media sosial X. Korean Wave merupakan penyebaran budaya Korea Selatan secara global. Salah satu bentuk Korean Wave yang membuat peneliti tertarik untuk dijadikan sebagai penelitian adalah adalah boygroup Enhypen. Dalam konteks ini, media sosial X sebagai platform komunikasi telah menjadi tempat bagi penggemar Enhypen untuk berinteraksi, mencari informasi, dan mendiskusikan segala hal tentang Enhypen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tau apakah terdapat pengaruh dari terpaan Korean Wave terhadap Perilaku Komunikasi di Media Sosial X. Pembahasan mengenai variabel Terpaan Korean Wave (X) dan variabel Perilaku Komunikasi di Media Sosial X (Y) menggunakan konsep model AISAS. Pembahasan mengenai Terpaan Korean Wave menggunakan dimensi Attention, Interest, dan Search. Sedangkan untuk pembahasan Perilaku Komunikasi di Media Sosial X menggunakan dimensi Share, dan Action. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan paradigma positivisme dan metode penelitian survei dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi yang diambil yaitu followers akun fanbase @enginafess. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji regresi linier sederhana dan koefisien determinan, uji F, dan uji hipotesis (uji T). Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Terpaan Korean Wave terhadap Perilaku Komunikasi di Media Sosial X sebesar 20,7% sedangkan pengaruh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini sebesar 79,3%. Kata Kunci : Model AISAS, Terpaan Korean Wave, Perilaku Komunikasi, Follower

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 24 160
Call Number: SK/42/24/082
NIM/NIDN Creators: 44220010190
Uncontrolled Keywords: Model AISAS, Terpaan Korean Wave, Perilaku Komunikasi, Follower
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 19 Aug 2024 08:30
Last Modified: 19 Aug 2024 08:30
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/90344

Actions (login required)

View Item View Item