ANALISIS RESEPSI KONTEN MEMASAK PADA AKUN TIKTOK @RESEP_INSPIRASI_DEBM PADA TAHUN 2023

NURSANAH, NURSANAH (2024) ANALISIS RESEPSI KONTEN MEMASAK PADA AKUN TIKTOK @RESEP_INSPIRASI_DEBM PADA TAHUN 2023. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)

Abstract

This TikTok application is an application that can also view short videos with various expressions from each creator. However, many people use the TikTok application to create videos highlighting user creativity. There is a lot of new and extensive education obtained. This research focuses on how the audience receives the three "Debm diet menus, Vira recipe content, and simple 1 tool recipe content" on the TikTok account @resep_inspirasi_debm using the reception analysis method and how the audience responds to the three Debm content three "Debm diet menus, content vira recipes, and simple 1 tool recipe content” on the TikTok account @resep_inspirasi_debm. This research is a reception analysis study using qualitative research methods and using new media communication theory. The subjects in this research are audiences who follow or know the TikTok account @resep_inspirasi_Debm, namely generation Z. Data collection was carried out through interviews. The results of this research were that 3 informants were in dominant hegemonic positions, 2 were in opposition positions, and there were no informants in negotiating positions. This shows that the TikTok content @resep_inspirasi_debm received dominant meaning and the audience fully accepted the 3 debm contents "Debm Diet Menu", "Vira Recipe Content", "Simple 1 Tool Content" contained in the TikTok account @resep_inspirasi_debm. Keywords: Reception Analysis, Social Media, TikTok, @Resep_Inspirasi_Debm Aplikasi tiktok ini merupakan aplikasi yang juga bisa melihat video-video pendek dengan berbagai ekspresi masing-masing pembuatnya. Namun Sebagian banyak orang menggunakan aplikasi TikTok untuk membuat video debfab kreatifitas pengguna. Banyaknya edukasi baru dan luas yang didapatkan. Penelitian ini difokuskan bagaimana bagaimana khalayak menerima mengenai tiga “Menu diet debm, konten resep vira, dan konten resep simple 1 alat” pada akun TikTok @resep_inspirasi_debm menggunakan metode analisis resepsi serta bagaimana tanggapan para audiens pada tiga konten debm tiga “Menu diet debm, konten resep vira, dan konten resep simple 1 alat” pada akun TikTok @resep_inspirasi_debm. Penelitian ini merupakan kajian analisis resepsi dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan teori komunikasi media baru. Subjek dalam penelitian ini merupakan khalayak yang memfollow atau mengetahui akun TikTok @resep_inspirasi_Debm yaitu generasi Z. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara. Hasil dari penelitian ini yaitu 3 informan berada di posisi hegemoni dominan, 2 posisi oposisi, dan tidak ada informan di posisi negosiasi. Hal ini menunjukkan bahwa konten TikTok @resep_inspirasi_debm mendapat pemaknaan dominan dan khalayak menerima secara penuh 3 konten debm “Menu Diet Debm”, “Konten Resep Vira”, “Konten Simple 1 Alat” yang terdapat pada akun TikTok @resep_inspirasi_debm. Kata Kunci : Analisis Resepsi, Sosial Media, TikTok, @Resep_Inspirasi_Debm

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 24 130
NIM/NIDN Creators: 44220010108
Uncontrolled Keywords: Analisis Resepsi, Sosial Media, TikTok, @Resep_Inspirasi_Debm
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 010 Bibliography/Bibliografi > 011 General Bibliographies/Bibliografi Umum > 011.7 General Bibliographies of Works Having Specific Kinds of Content/Bibliografi Umum Pekerjaan yang Memiliki Jenis Konten Tertentu
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:30
Last Modified: 10 Jul 2024 04:30
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/89438

Actions (login required)

View Item View Item