EFEKTIVITAS PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA INFORMASI LALU LINTAS DI KOTA JAKARTA (Survey Pada Followers Akun @Tmcpoldametro Periode Februari-Maret 2023)

FEBRIYANTI, VELISANUDDIN (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA INFORMASI LALU LINTAS DI KOTA JAKARTA (Survey Pada Followers Akun @Tmcpoldametro Periode Februari-Maret 2023). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABTSRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (128kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)

Abstract

Now social media is widely used to find information according to what the public needs. One of them is social media Instagram. Therefore, Instagram isn’t only used by the public but government in Indonesia. One of the government who disseminates information via Instagram is Polda Metro Jaya with the Instagram account name @Tmcpoldametro. This account actively provides various information regarding the situation of traffic in the city of Jakarta. The aim of the research is to measure and describe the effectiveness of using Instagram as a traffic information media in the city of Jakarta. This research uses the uses and gratifications theory by Herbert Blumer and Elihu Kartz 1974. This research uses positivism paradigm, using survey methods, quantitative approach and descriptive type. The population is 811.000 @Tmcpoldametro followers and sample of 100 was taken with sampling error 10%. The sampling technique uses nonprobability sampling with purposive sampling type. Researchers used SPSS 25 to carry out validity and reliability tests. The research results show that the effectiveness of using Instagram @Tmcpoldametro as a traffic information media in the city of Jakarta show very effective results. This is proven by the results of data collection which is measured using four dimensions, namely context with score 1736, communication with score 1631, collaboration with score 1632 and connection with score 1662. The conclusions obtained from all dimension results show the total score 6821 in the range > Q3 untill A are included in very effective category, researchers measured using Likert Summating Rating. Keywords: Effectiveness, Social Media, Instagram, Polda Metro Jaya Traffic Saat ini media sosial banyak dimanfaatkan untuk mencari informasi sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat. Salah satunya yaitu media sosial Instagram. Oleh karena itu, Instagram tidak hanya digunakan oleh masyarakat tetapi lembaga pemerintah di Indonesia. Salah satu lembaga pemerintah yang menyebarkan informasi melalui Instagram yaitu Polda Metro Jaya dengan nama akun Instagram @Tmcpoldametro. Akun tersebut aktif memberikan berbagai informasi terkait situasi lalu lintas di Kota Jakarta. Tujuan penelitian untuk mengukur dan menggambarkan Efektivitas Penggunaan Instagram Sebagai Media Informasi Lalu Lintas Di Kota Jakarta. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratifications yang dikemukakan oleh Herbert Blumer dan Elihu Kartz 1974. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme, dengan metode penelitian survey, pendekatan kuantitatif dan tipe dekriptif. Populasi penelitian yaitu followers @Tmcpoldametro sebanyak 811.000 dan sampel sebanyak 100 diambil dari sampling error sebesar 10%. Teknik penarikan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan jenis sampel purposive sampling. Peneliti menggunakan SPSS 25 untuk melakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa angka Efektivitas Penggunaan Instagram @Tmcpoldametro sebagai media informasi lalu lintas di Kota Jakarta menunjukan hasil yang sangat efektif. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengumpulan data yang diukur dengan empat dimensi yaitu context dengan skor 1736, communication dengan skor 1631 , collaboration dengan skor 1632 dan connection dengan skor 1662. Kesimpulan yang diperoleh dari keseluruhan hasil dimensi menunjukkan total skor 6821 berada pada range >Q3 s/d A yang termasuk kategori sangat efektif, peneliti ukur dengan menggunakan Likert Summating Rating. Kata kunci : Efektivitas, Media Sosial, Instagram, Lalu Lintas Polda Metro Jaya

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 24 113
Call Number: SK/42/24/056
NIM/NIDN Creators: 44220010044
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media Sosial, Instagram, Lalu Lintas Polda Metro Jaya
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 028 Use of Other Information Media/Membaca > 028.7 Use of Books and Other Information Media As Sources of Information/Penggunaan Buku dan Media Informasi Lain Sebagai Sumber Informasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 22 Jun 2024 04:28
Last Modified: 22 Jun 2024 04:28
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/89072

Actions (login required)

View Item View Item