STRATEGI KOMUNIKASI MUSLIMAHDAILY.COM TAHUN 2023 DALAM PEMBENTUKAN CITRA SEBAGAI PORTAL MEDIA MUSLIMAH INDONESIA

PUTRI, ANISA (2024) STRATEGI KOMUNIKASI MUSLIMAHDAILY.COM TAHUN 2023 DALAM PEMBENTUKAN CITRA SEBAGAI PORTAL MEDIA MUSLIMAH INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (55kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)

Abstract

Media is a tool used to transfer messages from the source to the recipient. Media in this sense can be mass media which includes newspapers, radio, films, television and the internet. The internet is one of the most rapidly developing parts of mass media today. The internet has become a communication medium that has speed and the number of access uses continues to increase, so that many users use the internet as a communication medium. Communication strategy according to Rojer, provides the understanding that communication strategy is a design created to change human behavior on a larger scale through the transfer of new ideas. The communication strategy is carried out through the four steps of the Public Relations process according to (Cutlip, Center, and Broom) and the image formation process of Muslimahdaily.com, namely by using communication strategies on social media which include verbal, non-verbal communication and organizational communication which includes internal and external communication Muslimahdaily .com. This research uses a constructivist paradigm with the research method used in the research, namely qualitative research with descriptive analysis techniques which emphasize data analysis through documentation and in-depth interviews guided by existing and appropriate theories to produce descriptive data. The data analysis techniques in this research are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. And, the technique for checking the validity of the data used in the research is the data triangulation technique. From the results of this research, it can be seen that the communication strategy carried out by Muslimahdaily.com in building its image as an Indonesian Muslimah media portal is by using four steps or stages, namely by carrying out planning analysis, planning development, implementing communication strategies, and evaluation to measure the success of the communication strategy. In implementing the communication strategy,Muslimahdaily.com has been quite effective in conveying information through uploaded socialmedia content. However, this cannot be separated from the obstacles in implementing the communication strategy, namely that there are still differences in understanding between Muslimahdaily.com and its followers and this makes communication less effective. Keywords: Communication Strategy, Image, Social Media, Muslimahdaily.com, Indonesian Muslimah. Media adalah alat yang digunakan untuk memindahkan pesan dari sumber kepada penerima. Media dalam pengertiannya yaitu bisa berupa media massa yang mencakup surat kabar, radio, film, televisi, dan internet. Internet menjadi salah satu bagian media massa yang paling berkembang secara pesat saat ini. Internet menjadi media komunikasi yang memiliki kecepatan serta jumlah penggunaan akses yang terus meningkat, sehingga banyak dari pengguna menjadikan internet sebagai media komunikasi. Strategi komunikasi menurut Rojer, memberikan pengertian bahwa strategi komunikasi sebagai suatu rancangan yang dibuat untuk mengubah tingkah laku manusia dalam skala yang lebih besar melalui transfer ide-ide baru. Strategi komunikasi dilakukan melalui empat langkah proses Public Relations menurut (Cutlip, Center, dan Broom) dan proses pembentukan citra Muslimahdaily.com yaitu dengan menggunakan strategi komunikasi pada media sosial yang mencakup komunikasi verbal, nonverbal, dan komunikasi organisasi yang mencakup komunikasi internal dan eksternal Muslimahdaily.com. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu penelitian kualitatif dengan teknik analisis deksriptif yang menekankan kepada analisis data melalui dokumentasi dan wawancara mendalam dengan berpedoman pada teori yang ada dan sesuai sehingga menghasilkan data-data deskriptif. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian adalah dengan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh Muslimahdaily.com dalam pembentukan citra sebagai portal media Muslimah Indonesia yaitu dengan menggunakan empat langkah atau tahapan yaitu dengaan melakukan analisis perencanaan, pengembangan perencanaan, implementasi strategi komunikasi, dan evaluasi guna mengukur kesuksesan strategi komunikasi yang dilakukan. Dalam pelaksanaan strategi komunikasi, Muslimahdaily.com sudah terbilang cukup efektif dalam penyampaian informasi melalui konten-konten media social yang diunggah. Namun, hal itu tidak terlepas dari adanya hambatan dalam pelaksanaan strategi komunikasi yaitu masih adanya perbedaan pemahaman antara Muslimahdaily.com dengan pengikutnya. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Pembentukan Citra, Media Sosial, Muslimahdaily.com, Muslimah Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 24 106
NIM/NIDN Creators: 44219010124
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Pembentukan Citra, Media Sosial, Muslimahdaily.com, Muslimah Indonesia.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur > 794.12 Strategy and Tactics/Strategi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 31 May 2024 07:07
Last Modified: 31 May 2024 07:07
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/88831

Actions (login required)

View Item View Item