ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA PROSES REGISTRASI DAN BALANCING DENGAN METODE VALUE STREAM MAPPING (Studi Kasus di JAKARTA TRADE SERVICES PT. BANK CENTRAL ASIA)

ANDANI, LIA (2024) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA PROSES REGISTRASI DAN BALANCING DENGAN METODE VALUE STREAM MAPPING (Studi Kasus di JAKARTA TRADE SERVICES PT. BANK CENTRAL ASIA). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. Hal Cover.pdf

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02. Abstrak.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text (BAB II)
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB)
[img] Text (BAB III)
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text (BAB IV)
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
07. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)

Abstract

International trade is a process of exchanging based on a voluntary will to gain profit which is carried out by involving elements of two or more countries consisting of exports, namely activities that remove goods from the Indonesian customs area by following applicable provisions, and imports, namely activities that enter goods into the Indonesian customs area by following the applicable regulations. This study aims to increase the efficiency of the registration process that occurs at the Jakarta Trade Service counter of PT. Bank Central Asia. The type of observation made is descriptive qualitative using the Value Stream Mapping and Fishbone methods which will provide an overview or facts as well as sources of data obtained based on information, events or activities. Data collection techniques used in this study were direct observation and interviews. The results of value stream mapping in this research are that there is a VAR of 60.90% with waste in the service process, and there are factors that cause customer dissatisfaction in the service process, namely the absence of a system that can facilitate and be efficient in each transaction process. The proposed improvements in this research are implemented using the PDCA (Plan, Do, Check, Act) method, namely by applying digitalization and automation to every service process. Keywords: Quality of service, Registration, Balamcing, Value Stream Mapping, Fishbone. Perdagangan internasional adalah proses tukar-menukar yang didasarkan atas kehendak sukarela untuk mendapatkan keuntungan yang dilakukan deengan melibatkan unsur-unsur dua negara atau lebih yang terdiri dari ekspor yaitu kegiatan yang mengeluarkan barang dari daerah pabean Indonesua dengan mengikuti ketentuan yang berlaku, dan impor yaitu kegiatan memasukkan barang ke dalam daerah pabean Indonesua dengan mengikuti ketentuan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk efisiensi proses registrasi yang terjadi di konter Jakarta Trade Service PT. Bank Central Asia. Jenis pengamatan yang dilakukan yaitu deskriptif kualitatif dengan metode Value Stream Mapping dan fishbone yang akan memberikan gambaran atau fakta serta sumber data yang diperoleh berdasarkan informasi, peristiwa, atau aktivitas. Teknik pengumpulan data yang diguankan dalam penelitian ini yaitu observasi langsung dan wawancara. Hasil pemetaan value stream mapping pada penelitian ini yaitu terdapat VAR 60,90% dengan adanya pemborosan proses pelayanan, serta terdapat faktor penyebab ketidakpuasan nasabah dalam proses pelayanan yaitu tidak adanya sistem yang dapat memudahkan serta efisien pada setiap proses transaksi. Usulan perbaikan dalam penelitian ini diimplementasikan dengan metode PDCA (Plan, Do, Check, Act) yaitu dengan menerapkan digitalisasi dan otomasi pada setiap proses pelayanan. Kata Kunci: Kualitas pelayanan, Registrasi, Balancing, Value Stream Mapping, Fishbone.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/MJ. 24 182
NIM/NIDN Creators: 43119120003
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan, Registrasi, Balancing, Value Stream Mapping, Fishbone.
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 153 Conscious Mental Process and Intelligence/Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental > 153.4 Thought, Thinking, Reasoning, Intuition, Value, Judgment/Pemikiran, Pertimbangan, Penalaran, Intuisi, Nilai, Pendapat > 153.45 Value/Nilai
200 Religion/Agama > 260 Christian Social Theology/Teologi Sosial Kristen > 268 Religious Education/Pendidikan Agama Kristen, Pengajaran Agama Kristen > 268.7 Services/Pelayanan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 332 Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.3 Personnel Management/Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.6 Quality Management/Manajemen Kualitas
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 22 May 2024 01:46
Last Modified: 22 May 2024 01:46
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/88765

Actions (login required)

View Item View Item