EFEKTIFITAS MEDIA KOMUNIKASI INTERNAL TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KARYAWAN DI SALAH SATU PERUSAHAAN MIGAS DI INDONESIA

SUHARWATI, VERONICA SRI (2010) EFEKTIFITAS MEDIA KOMUNIKASI INTERNAL TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KARYAWAN DI SALAH SATU PERUSAHAAN MIGAS DI INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)

Abstract

Employee Relations, di salah satu perusahaan migas di Indonesia ini yang memiliki karyawan lebih dari 1000 orang serta terpencar di beberapa lokasi yang berjauhan, dibentuk untuk membina komunikasi internal antara atasan-bawahan, antar karyawan dan bawahan-atasan dalam menyampaikan informasi yang dibutuhkan oleh karyawan. Informasi tersebut berupa kebijakan, prosedur, peraturan, job description, recognition/reward, award, keluhan, diskusi, pelatihan, pemecahan masalah, koordinasi tugas, laporan tugas, karyawan baru, rotasi kerja, berita duka, tips kesehatan, resep masakan dan lain-lain, yang disampaikan melalui media komunikasi internal. Selain itu employee relations juga dapat memberikan umpan balik, masukan dan saran kepada manajemen atas kendala dan permasalahan yang dihadapi oleh karyawan sehingga manajemen dapat merespon kendala dan permasalahan tersebut dengan tepat. Oleh karena itu pengolahan pesan dengan perspektif perilaku sangat penting dalam organisasi agar karyawan mau memanfaatkan media komunikasi internal untuk mendapatkan informasi demi memenuhi kebutuhan kognitif, afektif, integrasi personal, sosial dan pelepasan ketegangan melalui arah aliran komunikasi ke atas, ke samping dan ke bawah. Manfaat informasi yang diperoleh yaitu karyawan dapat memahami suatu kebijakan sehingga bersama perusahaan mencapai tujuan yang ditetapkan, untuk pengembangan diri, untuk membina hubungan baik antara karyawan, untuk pemecahan masalah dan koordinasi tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat hubungan media komunikasi internal terhadap pemenuhan kebutuhan informasi karyawan di perusahaan ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan tipe penelitian eksplanatif dan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan yang terbagi menjadi 5 strata yang berjumlah 1.149 orang dengan sampel menggunakan rumus Yamane, maka didapatkan jumlah sampel sebanyak 93 orang. Hasil uji faktor analisis menunjukkan nilai media komunikasi internal handphone, information center dan public address adalah 0.910, artinya media internal komunikasi tersebut paling berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan informasi karyawan, karena isi dari informasi yang disampaikan menyangkut keselamatan karyawan dan keluarganya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rxy = 0.962, artinya menunjukkan hubungan yang positif dan kuat karena nilainya mendekati 1. Sedangkan nilai r2 = 0.925, artinya 92,5% perubahan pada variabel (Y) Pemenuhan Kebutuhan Informasi Karyawan dapat dijelaskan oleh seluruh perubahan yang terjadi pada variabel (X) Media Komunikasi Internal. Jadi dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, pada penelitian saat ini variabel media komunikasi internal mempunyai hubungan yang kuat terhadap kebutuhan informasi karyawan di perusahaan ini.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 10 039
NIM/NIDN Creators: 44205120077
Uncontrolled Keywords: Media Komunikasi Internal, Pemenuhan Kebutuhan Informasi Karyawan
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: SHAFAUSSARIRAH
Date Deposited: 20 May 2024 02:31
Last Modified: 20 May 2024 02:31
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/88745

Actions (login required)

View Item View Item