STRATEGI KOMUNIKASI PUSAT PENERANGAN DEPARTEMEN DALAM NEGERI REPUBLIK INDONESIA DALAM MEMBINA HUBUNGAN DENGAN MEDIA MASSA

HASTUTY, RAHAYU WIDI (2010) STRATEGI KOMUNIKASI PUSAT PENERANGAN DEPARTEMEN DALAM NEGERI REPUBLIK INDONESIA DALAM MEMBINA HUBUNGAN DENGAN MEDIA MASSA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. HAL COVER.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ASBTRAK)
02. ABSTRAK.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
03. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)

Abstract

Organisasi dan media massa saat ini merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya, keduanya memiliki sinergi yang positif, keduanya saling membutuhkan. Departemen Dalam Negeri RI menyadari hal tersebut, dengan membina hubungan baik dengan media massa agar terciptanya hubungan yang harmonis, sehingga apa yang menjadi tujuan organisasi seperti terinformasinya dan terpublikasinya kebijakan dan kegiatan Depdagri dapat tercapai dengan adanya pemberitaan yang seimbang. Untuk itu dalam membina hubungan baik dibutuhkan Strategi komunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang dijalankan oleh Pusat Penerangan Depdgari. Penulis melakukan penelitian strategi komunikasi Pusat Penerangan dalam membina hubungan dengan media massa dengan menggunakan strategi komunikasi empat tahapan seperti mendefinisikan problem/masalah, perencanaan dan penyusunan program, melakukan tindakan dan berkomunikasi, evaluasi. Penelitian ini bersifat deskritif dengan pendekatan kualitatif, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan contoh kasus Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2009 tentang Tata Cara Bagi Pejabat Negara Dalam Melaksanakan Kampanye Pemilihan Umum dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2009 tentang Tata Cara Pengajuan Cuti Bagi Kepala Daerah Dalam Melaksanakan Kampanye Pemilihan Umum dan Permohonan Izin Bagi Kepala Daerah yang Dicalonkan Menjadi Presiden atau Wakil Presiden. Dengan nara sumber adalah Bapak Saut Situmorang, selaku Kepala Pusat Penerangan Depdagri, Bapak Tumpak Simanjuntak, selaku Kepala Bidang Humas Pusat Penerangan Depdagri, Bapak Elfin Elyas, selaku Kepala Sub Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Pers, Bapak Stefanus Purnomo wartawan dari koran TEMPO, Ibu Susie Berindra wartawan dari koran KOMPAS, dan Bapak Sofyan wartawan dari koran SINDO. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Pusat Penerangan Departemen Dalam Negeri menggunakan strategi komunikasi dalam membina hubungan baik dengan media massa untuk melakukan publikasi atas seluruh kebijakan dan peraturan yang dibuat oleh pemerintah khususnya Departemen Dalam Negeri RI.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 10 026
NIM/NIDN Creators: 44207110008
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur > 794.12 Strategy and Tactics/Strategi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: SHAFAUSSARIRAH
Date Deposited: 18 May 2024 09:21
Last Modified: 18 May 2024 09:21
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/88735

Actions (login required)

View Item View Item