STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT SINTRA SINARINDO ELEKTRIK DALAM MENDUKUNG MARKET DEVELOPMENT (STUDI KASUS PRODUK TRANSFORMERS TAHUN 2016-JAN 2017)

BASTIAN, MELANIA (2017) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT SINTRA SINARINDO ELEKTRIK DALAM MENDUKUNG MARKET DEVELOPMENT (STUDI KASUS PRODUK TRANSFORMERS TAHUN 2016-JAN 2017). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Cover.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstract.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Di Indonesia, terdapat 3 besar perusahaan yang memproduksi dan memasarkan transformator listrik, khususnya kepada PT PLN (Persero) yaitu, PT Bambang Djadja, PT Trafoindo Prima Perkasa dan PT Sintra Sinarindo Elektrik. Selama hampir 20 tahun, personal selling digunakan oleh PT Sintra Sinarindo Elektrik sebagai alat promosi yang utama, namun di tahun 2016, PT Sintra Sinarindo Elektrik mengambil langkah untuk menjalankan market development, maka tentunya strategi komunikasi pemasaran harus disesuaikan serta di implementasikan dengan lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan dan praktek komunikasi pemasaran produk transformers dalam mendukung market development yang di jalankan oleh PT Sintra Sinarindo Elektrik di tahun 2016. Paradigma yang peneliti gunakan pada penelitian ini adalah post-positivisme dengan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan melakukan wawancara mendalam kepada narasumber. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode, dimana peneliti akan melakukan pengecekan hasil penelitian dan membandingkan hasil wawancara yang diperoleh dari narasumber atau informan. Beberapa aspek yang diteliti dan dibahas pada penelitian ini mencakup: Perencanaan Strategi PT Sintra Sinarindo Elektrik yang didalamnya mencakup Perumusan Strategi, Implementasi Strategi, Evaluasi dan Pengendalian, Strategi Komunikasi Pemasaran dalam mendukung strategi market development tahun 2016. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapatkan dan diolah oleh peneliti, maka dapat diketahui perencanaan strategi komunikasi pemasaran PT Sintra Sinarindo Elektrik diawali dengan melakukan SWOT Analysis, yang dilanjutkan dengan pemilihan strategi dari SWOT yang telah dimatrikskan. Adapun dalam prakteknya, kegiatan promosi utama yang dilakukan adalah personal selling, direct marketing dan events yang mana juga di integrasikan bersama dengan tools yang lainnya, seperti advertising, events, public relations & publicity dan interactive marketing, sehingga tujuan PT Sintra Sinarindo Elektrik dalam menjalankan strategi market development dapat tercapai (market share di private sector meningkat sampai dengan 20%).

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 17 066
NIM/NIDN Creators: 44313110082
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Pemasaran, Market Development
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.1 Advertising/Periklanan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: NAJLA
Date Deposited: 07 May 2024 08:16
Last Modified: 07 May 2024 08:16
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/88579

Actions (login required)

View Item View Item