ANALISIS PENGARUH DAYA TARIK CELEBRITY ENDORSER DAN JINGLE PADA IKLAN TV MIE SEDAAP WHITE CURRY TERHADAP BRAND AWARENESS ( Survey terhadap Mahasiswa/i Aktif Universitas Mercu Buana Fakultas Komunikasi angkatan tahun 2016/2017 )

SILALAHI, CHRISTINA DEWI (2017) ANALISIS PENGARUH DAYA TARIK CELEBRITY ENDORSER DAN JINGLE PADA IKLAN TV MIE SEDAAP WHITE CURRY TERHADAP BRAND AWARENESS ( Survey terhadap Mahasiswa/i Aktif Universitas Mercu Buana Fakultas Komunikasi angkatan tahun 2016/2017 ). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. HALAMAN COVER.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Iklan sangat penting bagi setiap perusahaan untuk menyampaikan informasi mengenai produk atau jasa kepada sasaran yang dituju. Begitu beraneka ragamnya tayangan iklan di media televisi yang menjadi pemicu kompetisi antar merek produk yang diiklankan semakin meningkat, maka dalam pembuatan iklan harus direncanakan sebaik mungkin. Setiap iklan memiliki daya tarik yang berbeda-beda. Memerlukan strategi yang kreatif dalam pengolahan pesan iklan agar iklan tersebut dapat menimbulkan kesadaran khalayak kepada suatu merek (Brand Awareness). Untuk itu perumusan masalah dalam penilitian ini adalah Apakah ada pengaruh daya tarik Celebrity Endorser dan Jingle dalam iklan televisi Mie Sedaap White Curry versi Syahrini terhadap Brand Awareness ? Teori yang digunakan yaitu Hierarchy Of Effect dan AIDA. Dan teori yang dipakai untuk mengukur elemen Celebrity Endorser peneliti menggunakan komponen familiarity, relevance, esteem, differentiation. Dan untuk mengukur elemen Jingle menggunakan komponen memorability, meaningfulness, likeability, transferability, adaptability, dan protectability. Komponen recall, recognition, purchase dan consumption dipakai untuk mengukur elemen Brand Awareness. Penelitian ini eksplanatif dengan menggunakan metode penelitian survey dengan populasi mahasiswa/i aktif Universitas Mercu Buana kampus meruya fakultas komunikasi tahun 2016/2017. Adapun sampel yang dipakai sebanyak 81 yang dihitung dengan rumus Yamane. Mekanisme yang digunakan random sampling dan pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner. Hasil penelitian secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa Celebrity Endorser dan Jingle memiliki efek yang mempengaruhi Brand Awareness, nilai F hitung 286,784 dengan tingkat sig. = 0,000. Nilai Uji t 8,746 sig.= 0,000 untuk Celebrity Endorser, dan 5,709 sig. = 0,000 untuk Jingle. Dapat disimpulkan Celebrity Endorser dan Jingle memiliki efek yang mempengaruhi Brand Awareness baik secara simultan maupun parsial. Saran dari penelitian ini adalah penting untuk memilih Celebrity Endorser yang sudah dikenal khalayak, serta memiliki kesesuaian dengan citra produk, target market juga kredibilitas dan juga penting membuat jingle yang mudah diingat, disukai, dan juga tidak mudah usang tentunya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 17 095
NIM/NIDN Creators: 44312120014
Uncontrolled Keywords: Daya Tarik, Celebrity Endorser, Iklan, Produk
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.1 Advertising/Periklanan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 730 Plastic Arts and Sculpture/Seni Plastik dan Seni Patung > 739 Art Metalwork/Seni Logam, Kerajinan Logam > 739.4 Iron Art Works/Seni Logam Besi > 739.48 Products/Produk
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: NAJLA
Date Deposited: 07 May 2024 02:00
Last Modified: 07 May 2024 02:00
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/88553

Actions (login required)

View Item View Item