SOSIALISASI APLIKASI IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN PEMAHAMAN MASYARAKAT TENTANG LAYANAN BERBASIS DIGITAL (Studi Kasus Sosialisasi Aplikasi IKD Pada Disdukcapil Jakarta Barat)

MAGHFIRA, SYIFA ADELIA (2024) SOSIALISASI APLIKASI IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN PEMAHAMAN MASYARAKAT TENTANG LAYANAN BERBASIS DIGITAL (Studi Kasus Sosialisasi Aplikasi IKD Pada Disdukcapil Jakarta Barat). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (56kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)

Abstract

The era of industrial revolution 4.0 is when digital technology disruption is getting stronger. Currently, Indonesia has entered the era of industrial revolution 4.0. Where the people of this era expect all operations to be completed quickly, effectively, and efficiently. Information and communication technology can be used to support operational and administrative systems in various institutional functions including government activities in managing public services to the community. One example of its application is the electronic ID card in digital form. Since 2021, a trial of an electronic KTP in digital form has been carried out. This research uses Jay Judy Pearson and Paul Nelson's (2009) public communication theory. This research aims to find out how the Socialization of Digital Population Applications as an Effort to Build Public Understanding of Digital-Based Services. The method used in this research is a case study method with a qualitative approach, and uses a constructivism paradigm. As for obtaining primary data in-depth interviews and non-participant observation and secondary data obtained through various sources such as the Central Bureau of Statistics (BPS), books, reports, journals, and others. The results of the study found that the socialization carried out by the West Jakarta Dukcapil was effective. This is known based on the people of West Jakarta who are aware of the importance of utilizing the Digital Population Identity (IKD) application by activating the Digital Population Identity (IKD) application via their smartphones. This research is expected to have an impact and benefit for further research, especially the scope of Communication Science and especially Public Relations and for evaluation materials for management to be used as a development and improvement of services in the future. Keywords: Socialization, Digital KTP, Community, West Jakarta Dukcapil Era revolusi industry 4.0 ialah saat disrupsi teknologi digital semakin kokoh. Sekarang ini, era revolusi industry 4.0 telah dimasuki oleh Indonesia. Dimana masyarakat era ini mengharapkan seluruh penyelenggaraan dapat diselesaikan secara cepat, serta efisien. Teknologi informasi dan komunikasi dapat digunakan untuk mendukung operasional dan system administrasi dalam berbagai fungsi kelembagaan meliputi kegiatan pemerintah dalam pengelolaan pelayanan publik terhadap masyarakat. Salah satu contoh penerapannya, yakni KTP elektonik dalam bentuk digital. Sejak tahun 2021 lalu, telah dilakukan ujicoba KTP elektonik dalam bentuk digital. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi publik Jay Judy Pearson dan Paul Nelson (2009). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Sosialisasi Aplikasi Kependudukan Digital Sebagai Upaya Membangun Pemahaman Masyarakat Tentang Layanan Berbasis Digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif, serta menggunakan paradigma konstruktivisme. Adapun untuk mendapatkan data primer wawancara mendalam dan observasi non partisipan serta data sekunder didapatkan melalui melalui berbagai sumber seperti Biro Pusat Statistik (BPS), buku, laporan, jurnal, dan lain-lain. Hasil penelitian diketahui bahwa sosialisasi yang dilakukan oleh Dukcapil Jakarta Barat telah berjalan sesuai rencana. Hal itu diketahui berdasarkan oleh masyarakat yang Jakarta Barat yang telah aware akan pentingnya pemanfaatan aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) dengan aktivasi aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) melalui smartphone mereka. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan dampak dan manfaat bagi penelitian selanjutnya, terutama lingkup Ilmu Komunikasi dan khususnya Public Relations serta bagi bahan evaluasi bagi manajemen untuk nantinya dapat digunakan sebagai pengembangan dan perbaikan pelayanan di kemudian hari. Kata Kunci : Sosialisasi, KTP Digital, Masyarakat, Dukcapil Jakbar

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 24 082
NIM/NIDN Creators: 44220010107
Uncontrolled Keywords: Sosialisasi, KTP Digital, Masyarakat, Dukcapil Jakbar
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.7 Peripherals/Periferal > 004.71 Peripherals for Digital Computers/Periferal Untuk Komputer Digital
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 303 Social Process/Proses Sosial > 303.3 Coordination and Control/Koordinasi dan Kontrol > 303.32 Sosialization/Sosialisasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 304 Factors Affecting Social Behaviour/Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkah Laku Sosial > 304.6 Demography, Population/Demografi, Penduduk, Ilmu Kependudukan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor > 651.8 Computer Application for Office Management/Aplikasi Komputer untuk Manajemen Perkantoran
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 02 Apr 2024 01:47
Last Modified: 02 Apr 2024 01:47
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87816

Actions (login required)

View Item View Item